Sabtu, 20/04/2024 - 10:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Cina Ketiban Proyek Besar dari Solomon Islands

ADVERTISEMENTS

SYDNEY – Solomon Islands memutuskan memberikan proyek ratusan juta dolar AS kepada Cina. Dalam proyek yang dibiayai Asian Development Bank (ADB) itu, BUMN Cina diminta meningkatkan kapasitan pelabuhan internasional di Honiara. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

‘’Proyek ini memperbaiki kapasitan pelabuhan internasional lama di Honiara dan dua dermaga domestik,’’ ujar Mike Qaqara, pejabat di Kementerian Pembangunan Infrastruktur Solomon Islands, Rabu (22/3/2023) waktu setempat. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Menurut dia, China Civil Engineering Construction Company (CCECC) mendapatkan kontrak pembangunan itu setelah menjelma sebagai penawar tunggal dalam tender kompetitif. Pembangunan kembali pelabuhan ini bagian dari proyek senilai 170 juta dolar AS. 

ADVERTISEMENTS

AS dan sekutunya yaitu Australia, Selandia Baru, dan Jepang tampak khawatir. Mereka cemas jika melalui proyek ini, Cina membawa ambisinya membangun pangkalan angkatan laut di kawasan Pasifik tersebut. 

Berita Lainnya:
Borrell: Iran tak Siap Berperang, Serangan ke Israel adalah Respons Terkendali

Terutama, setelah Solomon Islands menandatangani pakta keamanan dengan Beijing tahun lalu. Menepis kekhawatiran AS dan sekutunya soal pangkalan militer, Qaqara menegaskan, tak ada perluasan pembangunan selain pelabuhan dan dermaga. 

Berulang kali baik Cina maupun Solomon Islands membantah isu pembangunan pangkalan militer di sana. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Pemerintah Australia memantau dengan cermat perkembangan yang mungkin berdampak pada kepentingan nasional kami,’’ujar seorang juru bicara Kementerian Urusan Luar Negeri dan Perdagangan, Rabu malam. 

Saling bersaing 

Delegasi dari Cina dan AS mengunjungi Honiara pekan ini, keduanya bersaing untuk mendapatkan pengaruh di negara kepulauan Pasifik yang berlokasi strategis itu. 

PM Manasseh Sogavare bertemu Wakil Ketua Badan Kerja Sama Pembangunan Internasional Cina, Tang Wenghong, menyepakati inisiatif pembangunan global Beijing. Cina dapat proyek infrastruktur sejak Sogavare beralih dari Taiwan ke Beijing pada 2019. 

Berita Lainnya:
Rusia Kembali Tuduh Ukraina Serang PLTN Zaporizhzhia

Sogavare juga mengadakan pembicaraan dengan Kurt Campbell, koordinator Dewan Keamanan Nasional Indo-Pasifik, AS. ‘’Ini menegaskan  dukungan kami untuk Solomon Islands yang bebas, terbuka, aman, dan makmur,’’ demikian Kedubes AS di Honiara.

Peter Connolly, yang sedang meneliti proyek infrastruktur Pasifik oleh Cina di Australian National University (ANU), menuturkan, dermaga sangat penting untuk pengembangan ekonomi Solomon Islands tetapi juga bisa bertujuan ganda. 

Yaitu, bisa memberikan akses angkatan laut Cina ke wilayah tersebut.’’Ini bukan tentang pangkalan, ini tentang akses,” kata Connolly, yang juga mantan perwira militer, mengacu pakta keamanan antara Honiara dan Beijing.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi