Jumat, 19/04/2024 - 15:51 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

MPMX Raup Laba Bersih Rp 662 Miliar pada 2022, Naik 60,7 Persen

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Perusahaan konsumer otomotif dan transportasi, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) mencatatkan laba bersih sebesar Rp 662 miliar sepanjang 2022. Pencapaian tersebut naik 60,7 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya sebesar Rp 412 miliar.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Group Chief Executive Officer MPMX, Suwito Mawarwati, mengatakan laba bersih tersebut didapatkan dari pertumbuhan bisnis distribusi, ritel dan aftermarket, transportasi, multi-finance, dan capital gain terkait strategi divestasi 49,9997 persen saham MPMX bisnis transportasi (MPMRent).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Sepanjang tahun lalu pendapatan perusahaan sebesar Rp 12,7 triliun. Pertumbuhan ini didorong oleh kinerja dari seluruh entitas anak dan asosiasi kami yang stabil dan sangat positif meskipun dalam lingkungan ekonomi makro dan geopolitik yang kompleks, termasuk masih menghadapi dampak pandemi dan masalah pasokan komponen semikonduktor,” ujarnya dalam keterangan tulis, Jumat (24/3/2023).

ADVERTISEMENTS

Segmen distribusi, ritel dan aftermarket kendaraan roda dua mencatatkan pertumbuhan pendapatan. MPMulia (distribusi) mengalami peningkatan pendapatan 7,5 persen dengan penjualan sepeda motor sebanyak 650.396 unit dan penjualan suku cadang yang mencapai Rp 1.237,9 miliar. MPMotor (penjualan ritel) mengalami peningkatan pendapatan sebesar 8,5 persen. 

Berita Lainnya:
Garuda Indonesia Jajaki Kerja Sama Korporasi dengan Jaringan Diaspora

Pada segmen asuransi, MPMInsurance memperoleh premi bruto sebesar Rp 763,2 miliar atau mencatat penurunan dua persen dibandingkan tahun sebelumnya Rp 781 miliar. Penurunan premi bruto terutama disebabkan oleh kebijakan manajemen untuk menghentikan produk Kredit Multiguna, Rangka Kapal, dan Rekayasa yang dinilai kurang menguntungkan. Sedangkan kendaraan bermotor dan properti tetap menjadi kontributor terbesar dengan kontribusi 69 persen dari total premi bruto.

Dari entitas asosiasi, bisnis transportasi MPMRent menunjukkan kinerja positif terutama karena unit sewa mobil yang lebih tinggi sebesar 11 persen yoy dan peningkatan margin penjualan mobil bekas sembilan persen. Adapun segmen tersebut, MPMRent tidak lagi dikonsolidasikan dalam laporan keuangan 2022 perusahaan setelah kemitraan strategis dengan Carro. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Pendapatan dan laba/rugi bersih periode sejak Januari 2022 hingga tanggal transaksi tidak akan dicatat dalam hasil usaha grup, tetapi diakui sebagai bagian dari ‘Discontinued Operations’ dan periode setelah tanggal transaksi, grup hanya akan mengakui bagian laba/rugi dari hasil usaha MPMRent, sesuai dengan persentase kepemilikan dalam pos ‘share of profit/loss from associates’.

Berita Lainnya:
Kemenparekraf: Kunjungan Wisata Tertinggi di Jawa Selama Libur Lebaran

Entitas asosiasi bisnis jasa keuangan, JACCS-MPMFinance Indonesia telah secara signifikan meningkatkan jumlah pemesanan baru sebesar 29 persen dan laba kotor sebesar 19 persen terutama disumbangkan oleh perluasan jaringan dealer dan fokus perusahaan pada pembiayaan kendaraan bekas.

Menurutnya pencapaian tahun lalu menunjukkan perusahaan bisa beradaptasi dengan perkembangan yang terjadi. Dia memastikan akan berupaya meningkatkan kinerja perusahaan.

“Ke depannya, tugas kami adalah mempertahankan momentum positif ini dengan terus membangun rekam jejak perusahaan yang berkesinambungan, terus berfokus kepada pertumbuhan bisnis yang ada dan mengidentifikasi peluang-peluang bisnis baru, serta melanjutkan misi kami dalam membawa imbas positif bagi masyarakat,” ucapnya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi