Sabtu, 20/04/2024 - 00:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Produksi Gula Tahun Ini Hanya Capai 2,6 Juta Ton

ADVERTISEMENTS

Untuk menutup kekurangan gula konsumsi, sudah dilakukan impor.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Fuji Pratiwi

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Satgas Pangan Sleman melakukan pengecekan harga dan persediaan Sembako di Sleman, Yogyakarta, Selasa (29/3/2022) (ilustrasi). Badan Pangan Nasional (NFA) memproyeksikan total produksi gula konsumsi pada tahun ini hanya mencapai 2,6 juta ton. Sedangkan angka kebutuhan gula nasional pada tahun ini mencapai 3,4 juta ton.

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Badan Pangan Nasional (NFA) memproyeksikan total produksi gula konsumsi pada tahun ini hanya mencapai 2,6 juta ton. Sedangkan angka kebutuhan gula nasional pada tahun ini mencapai 3,4 juta ton.

“Sehingga selisihnya masih harus ditutup oleh pasokan luar negeri,” ujar Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (25/3/2023).

Berita Lainnya:
Menteri PUPR: Progres Tol Bayung Lencir- Tempino 80 Persen

Ia melanjutkan, langkah pengadaan dari luar ini yang NFA percepat sejak awal agar tidak terjadi kelangkaan di masyarakat. Hal itu mengingat puasa dan lebaran tahun ini lebih dekat dengan awal tahun dan mendahului musim giling tebu.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Berdasarkan Prognosa Neraca Pangan yang disusun NFA, stok awal gula nasional di Januari 2023 sebesar 1,1 juta ton, adapun kebutuhan gula nasional per bulan tercatat sebesar 283 ribu ton.

Berdasarkan penghitungan kebutuhan gula nasional tersebut, maka untuk mengamankan kebutuhan sampai Idul Fitri, NFA sudah menyiapkan penambahan pasokan gula. “Mengingat saat hari raya kerap terjadi lonjakan permintaan dan konsumsi, sementara musim giling tebu baru akan mulai sekitar Mei,” ungkap Arief.

Berita Lainnya:
Jasa Marga Kembali Tebar Diskon Tarif Tol pada 17-19 April 2024

Untuk itu, ia melanjutkan, NFA telah melakukan percepatan proses pengadaan gula konsumsi oleh BUMN Pangan. NFA telah melakukan penugasan, dengan menyampaikan surat permohonan penugasan Menteri BUMN kepada BUMN Pangan dalam hal ini ID FOOD dan PTPN Holding Perkebunan untuk melakukan pengadaan gula konsumsi luar negeri.

“Prosesnya sudah berjalan dan ditargetkan sudah ada yang masuk pada Maret-April ini untuk menambah stok dan menjaga harga di tengah bulan puasa dan lebaran,” ujarnya.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi