Sabtu, 20/04/2024 - 17:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Joe Biden Umumkan Keadaan Darurat Terkait Bencana Tornado di Mississippi

ADVERTISEMENTS

 JACKSON — Presiden AS, Joe Biden pada Ahad (26/3/2023) pagi waktu setempat mengumumkan keadaan darurat untuk negara bagian Mississippi terkait badai tornado yang mematikan menghantam wilayah itu. Dengan diumumkannya keadaan darurat ini membuat dana bantuan federal tersedia untuk kabupaten Carroll, Humphreys, Monroe dan Sharkey, daerah yang paling parah dilanda badai tornado sejak, Jumat (24/3/2023) malam lalu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Badai tornado mematikan dilaporkan telah menghantam wilayah Delta Mississippi, salah satu daerah termiskin di Amerika Serikat. Sedikitnya 25 orang tewas dan puluhan lainnya terluka di Mississippi saat badai besar melanda beberapa kota dalam perjalanannya selama satu jam. Seorang pria tewas setelah rumah trailernya terbalik beberapa kali di Alabama.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Tim SAR sedang berusaha mencari lebih banyak korban dan upaya pemulihan pada Ahad terus dilanjutkan, dimana tugas berat adalah menggali puing-puing rumah yang rata dan rusak. Kerusakan juga terjadi di bangunan komersial dan kantor perkotaan, dan membuat ratusan orang mengungsi.

ADVERTISEMENTS

Administrator Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA) Deanne Criswell dijadwalkan mengunjungi negara bagian itu pada Ahad ini untuk mengevaluasi dampak kehancuran yang diakibatkan badai tornado tersebut.

Petugas Koordinasi FEMA John Boyle telah ditunjuk untuk mengawasi operasi pemulihan federal. Menyusul pengumuman keadaan darurat oleh Biden itu, pendanaan federal dapat digunakan untuk upaya pemulihan termasuk perumahan sementara, perbaikan rumah, pinjaman yang mencakup kerugian properti yang tidak diasuransikan, dan program individu dan bisnis lainnya, kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Angin puting beliung meratakan seluruh blok, menghancurkan rumah-rumah, merobek sebuah menara gereja dan meruntuhkan menara air kota. Bahkan dengan pemulihan yang baru saja dimulai, Layanan Cuaca Nasional memperingatkan risiko cuaca yang lebih buruk padaAhad – termasuk angin kencang, hujan es besar, dan kemungkinan tornado – masih bisa terjadi di Louisiana timur, Mississippi tengah selatan, dan Alabama tengah selatan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Biden Desak Kongres AS Setujui Penjualan Jet F-15 ke Israel

Berdasarkan data awal yang diterima, tornado yang terjadi pada peringkat EF-4, kata kantor Layanan Cuaca Nasional di Jackson Sabtu malam dalam sebuah tweet. Tornado EF-4 memiliki hembusan angin tertinggi antara 166 mph dan 200 mph (265 kph dan 320 kph), menurut layanan tersebut. Kantor pusat pemerintahan di Jackson memperingatkan masih mengumpulkan informasi tentang tornado.

Tornado Jumat malam menghancurkan deretan kota Rolling Fork yang berpenduduk 2.000 orang, membuat rumah menjadi tumpukan puing, membalikkan mobil di sisinya dan menjatuhkan menara air kota. Bagian lain dari Deep South sedang digali dari kerusakan yang disebabkan oleh reruntuhan puting beliung lainnya. Seorang pria meninggal di Morgan County, Alabama, kata departemen sheriff di sana dalam sebuah tweet.

“Bagaimana orang bisa selamat tidak saya ketahui,” kata Rodney Porter, yang tinggal 20 mil (32 kilometer) selatan Rolling Fork. Ketika badai menerjang Jumat malam, dia segera berkendara ke sana untuk membantu sebisa mungkin. Tim pembangu datang untuk mencari \”kehancuran total\” dan berkata dia mencium bau gas alam dan mendengar orang berteriak minta tolong dalam kegelapan.

“Rumah-rumah habis, rumah bertumpuk di atas rumah dengan kendaraan di atasnya,” katanya.

Annette Body berkendara ke kota Silver City yang terpukul parah dari dekat Belozi untuk mengamati kerusakan. Dia berkata bahwa dia merasa diberkati karena rumahnya sendiri tidak hancur, tetapi orang lain yang dia kenal kehilangan segalanya.

“Menangis tadi malam, menangis pagi ini,” katanya sambil memandangi rumah-rumah yang rata dengan tanah. “Mereka mengatakan Anda perlu berlindung, tetapi itu terjadi begitu cepat sehingga banyak orang bahkan tidak mendapat kesempatan untuk berlindung.”

Berita Lainnya:
Warga Israel Ditangkap di Malaysia Punya Senpi, Beli Rp 32 Juta Per Pistol

Orang-orang yang selamat dari badai berjalan sekitar hari Sabtu, banyak yang bingung dan shock, saat mereka menerobos puing-puing bangunan yang bertumpuk dan pohon tumbang, yang sedang dipotong dengan gergaji mesin, demi mencari orang yang selamat. Kabel listrik disematkan di bawah pohon ek berusia puluhan tahun, akarnya tercerabut dari tanah.

Gubernur Mississippi Tate Reeves mengeluarkan keadaan darurat dan berjanji untuk membantu membangun kembali ketika dia melihat kerusakan di wilayah di titik titik kerusakan dengan hamparan luas ladang kapas, jagung dan kedelai serta kolam budidaya ikan lele. Dia berbicara dengan Biden, yang juga melakukan panggilan telepon dengan delegasi kongres negara bagian.

Lebih dari setengah lusin tempat penampungan dibuka di Mississippi untuk menampung mereka yang telah mengungsi. Informasi awal berdasarkan perkiraan dari laporan cuaca dan data radar menunjukkan tornado berada di darat selama lebih dari satu jam dan melintasi setidaknya 170 mil (274 kilometer), kata Lance Perrilloux, seorang ahli meteorologi di kantor Layanan Cuaca Nasional Jackson, Mississippi. 

“Itu jarang – sangat, sangat jarang,” katanya, menghubungkan jalan panjang dengan ketidakstabilan atmosfer yang meluas.

Perrilloux mengatakan temuan awal menunjukkan tornado memulai jalur kehancurannya di barat daya Rolling Fork sebelum melanjutkan ke timur laut menuju komunitas pedesaan Midnight dan Silver City dan selanjutnya menuju Tchula, Black Hawk dan Winona.

Putaran badai yang menghasilkan listrik, yang mematikan juga tampaknya menghasilkan tornado yang menyebabkan kerusakan di Alabama barat laut dan utara-tengah, kata Brian Squitieri, peramal badai hebat di Pusat Prediksi Badai layanan cuaca di Norman, Oklahoma.

sumber : AP

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi