Kamis, 25/04/2024 - 06:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Keunggulan Erick Cawapres Terkuat dari Sudut Pandang Media

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Hasil survei nasional Indikator Politik Indonesia menunjukan tren kenaikan elektabilitas Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) terus melesat. Hal ini berbanding terbalik dengan tren tokoh lain seperti Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono, yang cenderung stagnan atau bahkan justru menurun. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Pimpinan Redaksi SCTV Retno Pinasti menyampaikan keterkaitan tren tersebut dengan media exposure yang berdampak kepada peningkatan elektabilitas para kandidat cawapres. “Memang benar, kalau dikaitkan dengan media exposure, RK melonjak di Juni 2022 karena ada peristiwa yang jadi perhatian hampir seluruh media dengan intensitas dan durasi yang sangat panjang,” ujar Retno dalam hasil survei nasional Indikator Politik Indonesia bertajuk “Dinamika Elektoral Capres dan Cawapres Pilihan Publik dalam Dua Surnas Terbaru” di Jakarta, Ahad (26/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Sementara Erick, lanjut Retno, terus mengalami peningkatan dari sisi media exposure sejak awal tahun hingga Maret 2023. Retno mengatakan proses pendaftaran hingga pemilihan sebagai Ketua Umum PSSI menjadikan Erick mendapatkan sorotan jauh lebih banyak daripada calon lain. Retno mengatakan, perbincangan terhadap Erick juga datang dari harapan besar pecinta sepakbola yang merindukan perubahan pada tubuh PSSI dan sepakbola tanah air.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Abu Dhabi Islamic Bank Dikabarkan Bakal Beli Saham BSI

Retno mengatakan Erick kini memiliki jangkauan audiens yang lebih luas. Jika sebelumnya, audiens Erick mayoritas pada segmen news lantaran posisinya sebagai Menteri BUMN, Retno mengatakan saat ini audiens Erick meluas hingga ke segmen olahraga.

ADVERTISEMENTS

“Audiens sport lebih besar daripada audiens news. Selama ini kinerja Menteri BUMN banyak diulas di berbagai program berita, kini masuk ke program berita juga program olahraga dan kita tahu pecinta sepakbola jumlahnya sangat besar,” kata Retno.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Retno mengambil contoh laga persahabatan Timnas Indonesia melawan Curacao memiliki rating 10,2 persen dan share sebesar 35,7 persen yang jika dikonversikan ke jumlah penonton hampir mencapai lima juta orang penonton sekali tayang. Sementara itu, Retno mengatakan rating tertinggi pertandingan Liga 1 mencapai 5,4 persen dengan share sebesar 27,3 persen atau sekitar 2,5 juta penonton.

Berita Lainnya:
Ada 14 Imigran Etnis Rohingya Kabur dari Penampungan di Aceh Timur

“Ini berkontribusi dalam mendongkrak popularitas. Dibandingkan kandidat lain, Erick diuntungkan dapat publikasi yang tidak perlu susah payah menciptakan momen, peristiwa, atau gimmick untuk jadi headline. Dengan fokus memperbaiki PSSI dan menyukseskan Piala Dunia U-20 kemungkinan akan jadi berita baik yang berkaitan dengan aspek kedisukaan,” ucap Retno.

Tak hanya di Indonesia, Retno menyampaikan kedekatan olahraga dengan politik sering terjadi di negara lain. Retno mencontohkan mantan legenda AC Milan George Weah yang menjadi Presiden Liberia, atau legenda Brasil Pele yang sempat hendak maju calon presiden Brasil. 

“Olahraga kalau diselenggarakan dengan baik, sesuai standar internasional, ini akan membawa semangat konotasi positif karena kental unsur heroisme, kejayaan, dan kebanggaan sebuah bangsa,” kata Retno.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi