Selasa, 16/04/2024 - 20:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Pemprov DKI Miliki Enam Program Prioritas untuk Atasi Macet

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyampaikan berbagai program prioritas untuk mengendalikan kemacetan yang terjadi di Ibu Kota. Salah satu solusinya adalah peningkatan sarana transportasi massal dan optimalisasi sarana dan prasarana pendukungnya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Pengendalian kemacetan di Jakarta menjadi agenda prioritas Pemprov DKI Jakarta. Beragam aksi proaktif telah dihadirkan Pemprov DKI Jakarta untuk memudahkan mobilitas warga. Sehingga menjadi solusi dalam mengurai kepadatan lalu lintas di Jakarta,” begitu keterangan akun resmi Instagram Pemprov DKI dikutip di Jakarta pada Ahad (26/3/2023).

ADVERTISEMENTS

Program prioritas tersebut adalah pertama peningkatan sarana transportasi massal. Di antaranya, pembangunan MRT Fase 2A (Bundaran HI-Kota) progresnya 20,33 persen per 25 Februari 2023, pembangunan LRT Jakarta Fase 1B (Velodrome-Manggarai) sepanjang 6,4 kilometer, yang konstruksi lelangnya dimulai pada Juni 2023.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Kemudian, perjanjian kerja sama pengembangan proyek MRT Jakarta bersama Jepang, Inggris, dan Korea Selatan. Selain itu, bersama Pemprov Jawa Barat dan Pemkot Bekasi, yaitu pembangunan MRT Timur-Barat Cikarang-Jakarta-Balaraja Phase 1-Stage 1-Tomang-Medan Satria.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
KAI Kembali Operasikan 308 Perjalanan LRT Jabodebek pada April

Ketiga, penataan kawasan stasiun tahap dua. Antara lain, Stasiun Tebet, Palmerah, dan Gondangdia. Perencanaan penataan lanjutan dilakukan di Stasiun Manggarai serta penambahan jalur kereta di Stasiun Tanah Abang.

Keempat, revitalisasi beberapa halte Transjakarta, mencakup Halte Bundaran HI, Halte GBK, Halte Balai Kota, dan Halte Kwitang. Adapun revitalisasi halte yang terintegrasi dengan stasiun KRL Commuter Line, terjadi di Stasiun Cawang.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Kelima, uji coba penutupan putaran lalu lintas (u-turn) dan pemberlakuan sistem satu arah (SSA). Hal itu diterapkan untuk menurunkan tingkat kecelakaan dengan mengurangi titik konflik kendaraan dari arah berlawanan dan untuk meningkatkan kapasitas jalan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

Keenam, memperbanyak akses trotoar dan skywalk. Hingga kini, pembangunan trotoar baru mencapai 110.449 meter persegi (m2) dan complete street sebesar 70.517 m2.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%
Berita Lainnya:
KAI Tawarkan Hak Penamaan Eksklusif Stasiun LRT Kepada Perusahaan

Sebelumnya, Pemprov DKI mendukung pengoperasian LRT Jabodebek secepatnya. Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono pun meninjau langsung proyek LRT Jabodebek di Stasiun Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur (Jaktim) pada Kamis (23/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

Di lokasi, Heru berharap, pembangunan LRT Jabodebek bisa rampung tepat waktu. “Mohon dukungan semua lapisan, ini adalah golden time sampai Oktober 2023. Semoga bisa tepat waktu dan hasilnya bisa mengurangi kemacetan yang ada di dalam kota,” kata Heru dalam keterangan tertulis di Jakarta pada Kamis (23/3/2023).

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Heru menjelaskan, berdasarkan laporan dari Asisten Pembangunan Sekda Provinsi DKI Jakarta bahwa Pemkot Jaktim, telah melakukan sosialisasi terkait rencana pembangunan fisik akses masuk di Jalan DI Panjaitan sejak dua bulan lalu. “Walaupun sedang berproses di BPN, masyarakat atau para pihak yang memang terkena jalan masuk di DI Panjaitan untuk siap kita lakukan pembangunan fisik,” katanya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi