Minggu, 11/06/2023 - 00:25 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Tegaskan Sikap, Qatar: Pembakaran Alquran di Denmark Aksi Penghasutan Keji

Rasmus Paludan, pemimpin partai anti-Islam sayap kanan Denmark Stram Kurs (Garis Keras), membakar mushaf Alquran di depan kedutaan Turki di Kopenhagen, Denmark, Jumat (27/1/2023).. Aksi itu ditanggapi dengan kemarahan dan protes di sekitar dunia sejak Paludan membakar kitab suci umat Islam di Stockholm seminggu sebelumnya.

ANKARA — Pemerintah Qatar kembali menegaskan sikapnya atas kasus pembakaran salinan kitab suci Alquran di Ibu Kota Denmark, Kopenhagen beberapa waktu lalu. Lewat sebuah pernyataan pada Sabtu (25/3/2023) waktu setempat, Kementerian Luar Negeri Qatar menggambarkan kejadian tersebut sebagai “aksi penghasutan keji” sekaligus sebagai “provokasi terhadap perasaan umat Muslim di seluruh dunia.”

BACAAN LAIN:
AS Waspada Kualitas Udara Buruk Imbas Kebakaran Hutan di Kanada

Pihaknya juga mengatakan bahwa aksi semacam itu memicu kebencian dan kekerasan. Tindakan tersebut juga dapat “membahayakan nilai-nilai hidup berdampingan secara damai.”

Kemenlu Qatar pun kembali menyerukan untuk mendukung nilai-nilai toleransi dan hidup berdampingan dan untuk “menegakkan prinsip-prinsip keamanan dan perdamaian internasional melalui dialog dan pengertian.” Beberapa bulan belakangan terjadi sejumlah aksi pembakaran Alquran atau upaya untuk melakukan aksi tersebut oleh tokoh atau kelompok islamofobia di Eropa timur dan negara-negara Nordik, terutama di Denmark dan Swedia.

BACAAN LAIN:
Mesir dan Israel Rapat Darurat Buntut Baku Tembak Mematikan di Perbatasan 

sumber : Antara/Anadolu

Sumber: Republika

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi
Click to Hide Advanced Floating Content

Click to Hide Advanced Floating Content