Jumat, 19/04/2024 - 17:09 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Antisipasi Kepadatan Mudik 2022, Pelni Ajukan Penyesuaian Rute

ADVERTISEMENTS

Foto udara KM Kelimutu. PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni memproyeksikan sejumlah pelabuhan keberangkatan dan kedatangan akan dipadati penumpang pada masa mudik Lebaran 2023.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni memproyeksikan sejumlah pelabuhan keberangkatan dan kedatangan akan dipadati penumpang pada masa mudik Lebaran 2023. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Pelni mengajukan izin untuk penyesuaian rute dan jadwal kapal kepada Kementerian Perhubungan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Kami melakukan penyesuaian rute dengan mengurangi dan menambah trayek untuk mengantisipasi ruas padat jumlah penumpang yang signifikan,” kata Direktur Utama Pelni Tri Andayani, Senin (27/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Hippindo Tanggapi Soal Kenaikan PPN 12 Persen

Anda, sapaan akrabnya, mengatakan terdapat sejumlah pelabuhan keberangkatan yang akan mengalami kepadatan penumpang. Pelabuhan tersebut meliputi Makassar, Surabaya, Balikpapan, Ambon, dan Bau-bau.

Dia menuturkan, kepadatan penumpang juga akan terjadi di pelabuhan kedatangan. “Untuk pelabuhan yang padat penumpang saat kedatangan ini yaitu Surabaya, Makassar, Bau-bau, Ambon, dan Belawan,” jelas Anda.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Yahya Kuncoro mengatakan dengan rencana penyesuaian rute maka akan ada penambahan frekuensi pelayaran. Selain itu akan ada pengurangan frekuensi pelayaran di pelabuhan yang sepi.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Ruas padat akan ditambah frekuensinya dari biasa sehingga akan lebih banyak karena okupansinya bisa mencapai 100 persen,” ujar Yahya.

Berita Lainnya:
Peserta Mudik Gratis Gelombang Dua Naik KM Dobonsolo Tiba di Semarang

Dengan adanya kepadatan pelabuhan dan prediksi peningkatan penumpang, Pelni mengimbau calon penumpang untuk memanfaatkan aplikasi Pelni Mobile. Khususnya untuk membeli tiket sejak jauh hari dan melaporkan apabila melihat dan mengalami tindakan percaloan sehingga bisa ditindak tegas.

Sementara untuk ketentuan perjalanan dengan kapal Pelni, calon penumpang yang telah melakukan vaksin dosis kedua dan vaksin dosis ketiga (booster pertama) tidak perlu lagi menunjukan syarat perjalanan berupa antigen maupun PCR. Untuk penumpang di wilayah 3TP juga tidak perlu menunjukkan syarat perjalanan berupa antigen maupun PCR.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi