Jumat, 19/04/2024 - 23:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Bahaya Dengki dan Enam Golongan yang akan Masuk Neraka Sebelum Hisab

ADVERTISEMENTS

JAKARTA – Abu Hamid Muhammad ibn Muhammad al-Ghazali yang dikenal sebagai Imam Al-Ghazali dalam Kitab Minhaj al-  Abidin menjelaskan bahwa para ulama saja tidak selamat dari serangan penyakit iri hati atau hasad. Terlebih orang awam dan bodoh, penyakit iri hati atau hasad ini membinasakan mereka dan memasukkan mereka ke dalam neraka.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Imam Al-Ghazali menerangkan, iri hati atau hasad adalah perbuatan buruk yang merusak amal baik seorang hamba. Sifat iri hati atau hasad juga mendorong seorang hamba pada perbuatan dosa yang lebih besar.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Sifat iri hati atau hasad merupakan penyakit berat. Para ahli membaca Alquran dan para ulama mendapat ujian berat dari sifat iri hati atau hasad. 

ADVERTISEMENTS

Terlebih kalangan orang awam dan orang-orang yang bodoh. Penyakit iri hati atau hasad ini membinasakan mereka dan memasukkan mereka ke dalam neraka. Nabi Muhammad SAW bersabda: 

سِتَّةٌ يَدْخُلُونَ اَلنَّارَ قَبْلَ اَلْحِسَابِ بِسِتَّةٍ اَلْعَرَبُ بِالْعَصَبِيَّةِ وَ اَلْأُمَرَاءُ بِالْجَوْرِ وَ اَلدَّهَاقِينُ بِالْكِبْرِ وَ اَلتُّجَّارُ بِالْخِيَانَةِ وَ أَهْلُ اَلرُّسْتَاقِ بِالْجَهْلِ وَ اَلْعُلَمَاءُ بِالْحَسَدِ

Berita Lainnya:
Penjelasan Hukum Merokok Menurut Ulama Asal Kediri yang Pernah Jadi Mufti di Makkah

“Enam golongan yang masuk neraka sebelum masa perhitungan (hisab) karena enam perkara (yaitu) pertama, orang-orang Arab karena sikap ashabiyah (fanatisme kesukuan mereka). Kedua, penguasa karena kezalimannya. Ketiga, peran tuan tanah dan pejabat karena kesombongan mereka. Keempat, para pedagang karena sifat khianat mereka. Kelima, orang dusun karena kebodohannya. Keenam, ulama karena sifat dengki (iri hati) yang ada pada diri mereka.”

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sungguh perbuatan iri hati atau hasad ini sangat membahayakan bahkan para ulama pun tidak selamat dari penyakit ini yang menyebabkan mereka masuk ke dalam neraka.

Dalam kesempatan lainnya, Imam Al-Ghazali menerangkan bahwa ada empat faktor yang merusak hati manusia. Tapi ada empat pilar-pilar ibadah yang bisa memperbaiki hati manusia. 

Keempat faktor perusak hati itu yang pertama, panjangnya angan untuk hidup lama di dunia. Kedua, iri hati. Ketiga, tergesa-gesa dalam beribadah. Keempat, sombong. 

Berita Lainnya:
Bule Swedia Ini Gagal Bunuh Diri Usai Ketiduran di Masjid, Endingnya Malah Bersyahadat

Baca juga: Perang Mahadahsyat akan Terjadi Jelang Turunnya Nabi Isa Pertanda Kiamat Besar?

Sedangkan empat prinsip yang menjadi lawannya empat faktor perusak hati itu adalah empat pilar ibadah yang bisa memperbaiki hati. Yakni yang pertama, tidak mengharapkan dunia. Kedua, baik kepada seluruh makhluk Allah SWT. Ketiga, tenang dalam beribadah dan berbagai urusan lain. Keempat, rendah hati. 

Menurut Imam Al-Ghazali, inilah delapan prinsip yang memperbaiki keadaan hati dan yang merusaknya. Poin tersebut sangat penting untuk diperhatikan, maka kerahkan tenagamu untuk menjaga diri dari penyakit-penyakit tersebut. 

Kemudian, berusahalah untuk mendapatkan empat pilar ibadah yang bisa memperbaiki hati. Jika itu kamu lakukan cukuplah itu sebagai bekal mengarungi dunia dan kamu akan berhasil mencapai tujuan, Insya Allah.

Hal ini dijelaskan Imam Al-Ghazali dalam Kitab Minhaj  al-Abidin yang diterjemahkan Abu Hamas As-Sasaky dan diterbitkan Khatulistiwa Press 2013.   

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi