Sabtu, 20/04/2024 - 04:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Empat  Bahaya Sangat Besar yang Mengancam Orang Sombong

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Penyakit sombong atau angkuh atau arogan bisa menghapus seluruh jejak kebaikan dan kesholehan. Sombong adalah dosa yang sangat buruk, yang dapat merusak amalan agama kita.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Abu Hamid Muhammad ibn Muhammad al-Ghazali yang dikenal sebagai Imam Al-Ghazali dalam Kitab Minhajul Abidin menjelaskan, penyakit sombong langsung menyerang keyakinan kita. Jika penyakit angkuh sudah berurat-berakar di hati kita, maka penyakit sombong itu sulit disembuhkan lagi, dan dampaknya akan ke mana-mana.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

وَاِذْ قُلْنَا لِلْمَلٰۤىِٕكَةِ اسْجُدُوْا لِاٰدَمَ فَسَجَدُوْٓا اِلَّآ اِبْلِيْسَۗ اَبٰى وَاسْتَكْبَرَۖ وَكَانَ مِنَ الْكٰفِرِيْنَ

ADVERTISEMENTS

(Ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu kepada Adam!” Maka, mereka pun sujud, kecuali Iblis. Ia menolaknya dan menyombongkan diri, dan ia termasuk golongan kafir. (QS Al-Baqarah: 34).

Paling sedikit, ada empat bahaya yang ditimbulkan oleh sifat sombong terhadap pelakunya.

Pertama, orang sombong atau angkuh terhalang dari kebenaran. Hatinya buta dan tidak mampu melihat ayat-ayat Allah SWT dan tidak memahami hukum-hukum-Nya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

سَأَصْرِفُ عَنْ ءَايَٰتِىَ ٱلَّذِينَ يَتَكَبَّرُونَ فِى ٱلْأَرْضِ بِغَيْرِ ٱلْحَقِّ وَإِن يَرَوْا۟ كُلَّ ءَايَةٍ لَّا يُؤْمِنُوا۟ بِهَا وَإِن يَرَوْا۟ سَبِيلَ ٱلرُّشْدِ لَا يَتَّخِذُوهُ سَبِيلًا وَإِن يَرَوْا۟ سَبِيلَ ٱلْغَىِّ يَتَّخِذُوهُ سَبِيلًا ۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ كَذَّبُوا۟ بِـَٔايَٰتِنَا وَكَانُوا۟ عَنْهَا غَٰفِلِينَ

Aku akan memalingkan orang-orang yang menyombongkan dirinya di muka bumi tanpa alasan yang benar dari tanda-tanda kekuasaan-Ku. Mereka jika melihat tiap-tiap ayat(Ku), mereka tidak beriman kepadanya. Dan jika mereka melihat jalan yang membawa kepada petunjuk, mereka tidak mau menempuhnya, tetapi jika mereka melihat jalan kesesatan, mereka terus menempuhnya. Yang demikian itu adalah karena mereka mendustakan ayat-ayat Kami dan mereka selalu lalai dari padanya. (Surat Al-A’raf Ayat 146)

Berita Lainnya:
Dilakukan Usai Idul Fitri, Ini Jadwal, Keutamaan, dan Niat Puasa Syawal 2024

ٱلَّذِينَ يُجَٰدِلُونَ فِىٓ ءَايَٰتِ ٱللَّهِ بِغَيْرِ سُلْطَٰنٍ أَتَىٰهُمْ ۖ كَبُرَ مَقْتًا عِندَ ٱللَّهِ وَعِندَ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ۚ كَذَٰلِكَ يَطْبَعُ ٱللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ قَلْبِ مُتَكَبِّرٍ جَبَّارٍ

(Yaitu) orang-orang yang memperdebatkan ayat-ayat Allah tanpa alasan yang sampai kepada mereka. Amat besar kemurkaan (bagi mereka) di sisi Allah dan di sisi orang-orang yang beriman. Demikianlah Allah mengunci mati hati orang yang sombong dan sewenang-wenang. (Surat Al-Mu’min Ayat 35)

Kedua, orang yang sombong atau angkuh dimurkai dan dibenci oleh Allah SWT.

لَا جَرَمَ أَنَّ ٱللَّهَ يَعْلَمُ مَا يُسِرُّونَ وَمَا يُعْلِنُونَ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْتَكْبِرِينَ

Tidak diragukan lagi bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang mereka rahasiakan dan apa yang mereka lahirkan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong. (Surat An-Nahl Ayat 23)

Dialog antara Nabi Musa Alaihissalam dengan Allah SWT. Nabi Musa mengatakan, Wahai Tuhanku, siapakah makhluk-Mu yang paling Engkau benci?”

Berita Lainnya:
7 Keberkahan Sholat Subuh Berjamaah yang tidak Dimiliki Sholat Fardhu Lain

Allah Ta’ala menjawab, “Orang yang sombong, kasar lidahnya, memalingkan pandangan dari kebenaran, bakhil tangannya dan buruk perangainya.”

Ketiga, orang yang sombong akan mendapat penghinaan dan siksa di dunia maupun akhirat.

Hatim berkata, “Hindarilah bertemu kematian dalam tiga keadaan yaitu sombong, rakus dan angkuh. Orang yang sombong itu tidak akan bertemu kematian sebelum ia dihinakan oleh keluarga, kerabat dan para pelayannya. Sedangkan orang yang rakus ia tidak menemui kematian sebelum hidup dalam kekurangan makanan dan minuman. Bagi orang yang angkuh tidak dikeluarkan oleh Allah Ta’ala dari dunia ini sebelum ia dilumuri oleh kencing serta kotoran sendiri.”

Hatim juga mengatakan, siapa saja yang bersikap sombong atas sesuatu yang tidak dibenarkan, maka Allah Ta’ala akan mewariskan kepadanya kehinaan yang tidak ada kebaikan sedikitpun padanya.

Keempat, orang yang sombong dan angkuh akan mendapat balasan neraka dan azab yang amat pedih di akhirat kelak.

Allah SWT pernah berfirman dalam hadis qudsi. “Kesombongan ini adalah pakaian kebesaran-Ku dan keagungan itu adalah kain penghias-Ku. Oleh karena itu, siapa saja yang menyaingi Aku pada salah satu dari keduanya, maka Aku akan memasukannya ke dalam Neraka Jahanam.”

Keagungan dan kesombongan itu adalah sifat khusus bagi Allah SWT. Maka keagungan dan kesombongan tidak pantas disandang oleh selain-Nya.

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi