Rabu, 17/07/2024 - 18:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Inka Siapkan Fasilitas Produksi Rangkaian KRL Baru

Penumpang bersiap menaiki KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta, Ahad (12/2/2023). PT Industri Kereta Api (Persero) atau Inka memastikan saat ini tengah menyiapkan fasilitas untuk memproduksi rangkaian kereta rel listrik (KRL).

JAKARTA — PT Industri Kereta Api (Persero) atau Inka memastikan saat ini tengah menyiapkan fasilitas untuk memproduksi rangkaian kereta rel listrik (KRL). Saat ini, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter sudah memiliki kesepakatan untuk pengadaan rangkaian KRL baru yang diproduksi Inka pada 2025 dan 2026.

“Untuk yang 2025, sekarang kami persiapkan karena fasilitas untuk produksi juga sedang kami siapkan,” kata Direktur Utama Inka Eko Purwanto saat ditemui usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR, Senin (27/3/2023).

Eko mengharapkan Inka dapat menyelesaikan pesanan rangkaian KRL tersebut dengan tepat waktu untuk menambah kapasitas angkut KRL. Rencananya, Inka akan mengerjakan pesanan 16 rangkaian KRL yang setiap trainset-nya terdiri sekitar 12 kereta.

“Mudah-mudahan nanti lancar bisa kami kirimkan sesuai perkiraan kami pada 2025 hingga akhir 2026,” ucap Eko.

Eko menegaskan saat ini desain KRL yang dipesan KCI tersebut sudah final. Begitu juga dengan desain teknologi yang akan digunakan untuk rangkaian KRL yang diproduksi Inka sehingga hanya perlu dipersiapkan.

Sebelumnya, VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba memastikan KAI Commuter melakukan pengadaan kereta baru melalui Inka. Anne mengatakan hal tersebut sesuai dengan program jangka panjang perusahaan karena diprediksi volume pengguna yang semakin meningkat setiap tahunnya.

“16 trainset sudah dipesan dengan nilai kurang lebih Rp 4 triliun (dengan Inka), bahkan kesepakatan awal MoU sejak 2022 sudah ditandatangani. Kereta ini akan dapat dioperasikan pada 2025-2026,” ujar Anne. 

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

وَعَرَضْنَا جَهَنَّمَ يَوْمَئِذٍ لِّلْكَافِرِينَ عَرْضًا الكهف [100] Listen
And We will present Hell that Day to the Disbelievers, on display - Al-Kahf ( The Cave ) [100] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi