Jumat, 26/04/2024 - 06:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Biden Desak Netanyahu Batalkan Perombakan Hukum yang Picu Protes Keras

ADVERTISEMENTS

Para pengunjuk rasa berkumpul di luar Knesset menjelang protes massal di Yerusalem, Israel, Senin (27/3/2023). Protes massal telah diadakan di Israel selama 12 minggu menentang rencana pemerintah untuk mereformasi sistem peradilan dan membatasi kekuasaan Mahkamah Agung Israel.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

WASHINGTON — Presiden AS Joe Biden pada hari Selasa (28/3/2023), mendesak Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu membatalkan proposal perombakan sistem hukum yudisial, yang telah menyebabkan protes besar-besaran di Israel. Biden juga mendorong pemimpin Israel untuk mengatakan dia tidak membuat keputusan berdasarkan tekanan dari luar negeri.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Netanyahu pada Senin akhirnya menunda proposal perombakan peradilan setelah sejumlah besar orang protes, tumpah ruah ke jalan-jalan. Gedung Putih awalnya mengatakan hanya sebatas tanggapan, bahwa Netanyahu harus mencari kompromi atas masalah tersebut. Tetapi Biden melangkah lebih jauh dalam menjawab pertanyaan dari wartawan pada hari Selasa.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Makin Mesranya Persahabatan China dan Korut

“Saya harap dia (Netanyahu) menjauh dari itu,” kata Biden, merujuk pada proposal perombakan yudisial yang akan memberi pemerintah Israel kendali lebih besar atas penunjukan Mahkamah Agung negara itu.

ADVERTISEMENTS

Netanyahu dengan cepat mengeluarkan pernyataan sebagai tanggapan. “Israel adalah negara berdaulat yang membuat keputusannya atas kehendak rakyatnya dan bukan berdasarkan tekanan dari luar negeri, termasuk dari sahabat,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
China Sebut Hubungan Ekonominya dengan Rusia tak Terkait Perang

 

Netanyahu mengatakan pemerintahannya berusaha untuk melakukan reformasi melalui konsensus luas. “Saya telah mengenal Presiden Biden selama lebih dari 40 tahun, dan saya menghargai komitmennya yang telah berlangsung lama kepada Israel,” kata Netanyahu.

Dia mengatakan aliansi Israel-AS tidak dapat dipatahkan dan selalu mengatasi perbedaan pandangan yang sesekali terjadi di antara ia dan Biden.

“Pemerintahan saya berkomitmen untuk memperkuat demokrasi dengan mengembalikan keseimbangan yang tepat antara tiga cabang pemerintahan, yang kami perjuangkan untuk dicapai melalui konsensus yang luas,” kata Netanyahu.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi