Selasa, 16/04/2024 - 14:42 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Link and match Pendidikan dan Kebutuhan Industri Film Masih Jadi PR

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memandang bahwa masih belum tercapainya link and match antara kurikulum pendidikan film dengan kebutuhan industri menjadi salah satu “pekerjaan rumah” bagi ekosistem industri film nasional.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Dari sudut pandang Kemendikbudristek tidak lepas dari pendidikan film baik di level sekolah menengah atau vokasi hingga pendidikan tinggi, di mana masih belum tercapainya link and match antara kurikulum pendidikan film dengan kebutuhan industri film nasional,” kata Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru Kemendikbudristek Ahmad Mahendra melalui keterangan tertulis, Rabu (29/3/2023).

ADVERTISEMENTS

Sebelumnya pada Senin (6/3) di Konferensi Hari Film Nasional yang diadakan oleh Badan Perfilman Nasional (BPI), Kemendikbudristek telah menyebutkan belum ada skema berbentuk kurikulum yang bisa mengaitkan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) dengan industri perfilman.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Daftar Masuk Cyber University Kini Sudah Bisa Lewat Aplikasi

Pada kesempatan tersebut, Mahendra mengingatkan perlunya diskusi bersama berbagai pihak terkait untuk membahas permasalahan tersebut agar jangan sampai lulusan film menganggur karena tidak siap menghadapi industri.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

 

Untuk membangun penguatan ekosistem film nasional, Mahendra mengatakan pihaknya pada tahun ini fokus pada pengembangan komunitas melalui berbagai program peningkatan kapasitas hingga fasilitasi baik terhadap sineas maupun karya film Indonesia diluncurkan oleh Kemendikbudristek.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

“Program peningkatan kapasitas ini berupa program inkubasi atau lab antara lain Indonesiana Films, Layar Indonesiana atau kompetisi produksi film pendek, Producer’s Lab yang bekerja sama dengan Jakarta Film Week yang pada dasarnya mencari bakat serta cerita yang berkualitas,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir, Kemendikbudristek juga memfasilitasi hampir semua festival film yang tersebar di Indonesia. Tak sampai di situ, Kemendikbudristek juga meluncurkan “Dana Indonesiana” berupa fasilitasi dana hibah yang diberikan kepada suatu kelompok kebudayaan atau perseorangan.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%
Berita Lainnya:
Kemendikbudristek: Target 100 Persen Penerapan Kurikulum Merdeka Bukan Tujuan Utama

Peringatan Hari Film Nasional pada 2023 mengusung tema “Bercermin pada Masa Lalu, Merencanakan Masa Depan”. Merujuk pada tema ini, Mahenda mengatakan perlu adanya evaluasi dan pemutakhiran data tentang ekosistem film agar posisi perfilman di Indonesia semakin bisa dipahami baik dari aspek kualitas filmnya, kualitas pekerja film, dan industrinya.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

“Indonesia tidak pernah kekurangan cerita, ada banyak kebudayaan Indonesia, pengetahuan tradisional, isu dan kearifan lokal yang bisa diolah sebagai modal pengembangan materi film,” ujar dia.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Untuk memperkuat modal tersebut, perlu ekosistem yang kuat dan pastinya memerlukan kerja sama dengan berbagai stakeholder perfilman dan juga pemerintah baik di pusat dan di daerah,” pungkas Mahendra.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi