Sabtu, 20/04/2024 - 11:50 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Manusia Telanjang di Padang Mahsyar, Masihkan Saling Tertarik? 

ADVERTISEMENTS

Manusia Telanjang di Padang Mahsyar, Masihkan Saling Tertarik? Foto: Ilustrasi Kiamat

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Ketika hari kiamat semua manusia akan dikumpulkan di padang Mahsyar. Pada saat itu manusia dikumpulkan dengan tanpa mengenakan alas kaki, dan dalam kondisi telanjang serta belum dikhitan. Lalu bila semua manusia baik itu laki-laki maupun perempuan telanjang di Padang Mahsyar, apakah manusia pada saat itu memiliki ketertarikan satu sama lainnya?

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Hal ini pernah ditanyakan oleh sayyidati Aisyah Radhiyallahu Anha kepada Rasulullah SAW sebagaimana dapat ditemukan pada hadits nabi Muhammad SAW: 

ADVERTISEMENTS

و حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ عَنْ حَاتِمِ بْنِ أَبِي صَغِيرَةَ حَدَّثَنِي ابْنُ أَبِي مُلَيْكَةَ عَنْ الْقَاسِمِ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ يُحْشَرُ النَّاسُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حُفَاةً عُرَاةً غُرْلًا قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ النِّسَاءُ وَالرِّجَالُ جَمِيعًا يَنْظُرُ بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا عَائِشَةُ الْأَمْرُ أَشَدُّ مِنْ أَنْ يَنْظُرَ بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ و حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَابْنُ نُمَيْرٍ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُو خَالِدٍ الْأَحْمَرُ عَنْ حَاتِمِ بْنِ أَبِي صَغِيرَةَ بِهَذَا الْإِسْنَادِ وَلَمْ يَذْكُرْ فِي حَدِيثِهِ غُرْلًا

Berita Lainnya:
Kisah Umar bin Abdul Aziz Mencopot Gubernur

Telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami Yahya bin Sa’id dari Hatim bin Abu Shaghirah telah menceritakan kepadaku Ibnu Abi Malikah dari Al Qasim bin Muhammad dari Aisyah berkata, Aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, “Manusia dikumpulkan pada hari kiamat dalam keadaan tidak beralas kaki, telanjang dan kulup.” Aku bertanya: Wahai Rasulullah, wanita-wanita dan lelaki-lelaki semua saling melihat satu sama lain? Beliau menjawab, “Wahai Aisyah, permasalahnnya lebih sulit dari saling melihat satu sama lain.” Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah dan Ibnu Numair keduanya berkata, Telah menceritakan kepada kami Abu Khalid Al Ahmar dari Hatim bin Abu Shaghirah dengan sanad ini dan ia tidak menyebutkan dalam haditsnya: Kulup. (HR. Muslim)

Dari hadits tersebut dapat dipahami bahwa kendatipun seluruh manusia dalam keadaan telanjang bulat pada hari kiamat namun mereka sudah tidak mempedulikan apapun. Perhatian fan fokus mereka hanya tertuju pada satu hal, yakni mempertanggung jawabkan semua perbuatannya di hadapan Allah SWT. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Kapan Waktu Tepat Sholat Lailatul Qadar? Ini Penjelasan Buya Yahya

Dalam redaksi hadits lainnya melalui jalur Ibnu Abbas juga disebutkan kondisi manusia di Pandang Mahsyar.

حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ غَيْلَانَ حَدَّثَنَا أَبُو أَحْمَدَ الزُّبَيْرِيُّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ الْمُغِيرَةِ بْنِ النُّعْمَانِ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُحْشَرُ النَّاسُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حُفَاةً عُرَاةً غُرْلًا كَمَا خُلِقُوا ثُمَّ قَرَأَ { كَمَا بَدَأْنَا أَوَّلَ خَلْقٍ نُعِيدُهُ وَعْدًا عَلَيْنَا إِنَّا كُنَّا فَاعِلِينَ } …

Telah menceritakan kepada kami Mahmud bin Ghailan telah menceritakan kepada kami Abu Ahmad Az Zubairi telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Al Mughirah bin An Nu’man dari Sa’id bin Jubair dari Ibnu ‘Abbas berkata, Rasulullah ﷺ bersabda, “Manusia dikumpulkan pada hari kiamat dalam kondisi tanpa alas kaki, telanjang dan belum disunat.” Kemudian beliau membaca, “Sebagaimana kami telah memulai panciptaan pertama begitulah Kami akan mengulanginya. Itulah suatu janji yang pasti kami tepati.” (Al-Anbiyaa: 104) … (HR. Tirmidzi).

 

 

 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi