Sabtu, 20/04/2024 - 00:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Pendaftar UGM Terbanyak Kedua di SNBP 2023

ADVERTISEMENTS

SLEMAN — Total pendaftar Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 sebanyak 25.954 pendaftar. Jumlah peserta lolos sebanyak 2.802 siswa. Jumlah pendaftar ini menjadikan UGM sebagai salah satu perguruan tinggi yang memiliki pendaftar terbanyak kedua.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Ketua Umum Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Mochammad Ashari, mengaku distribusi pendaftar beserta keketatannya cukup merata dan tidak terfokus pada satu titik. “Persentase keketatan tahun ini tidak berkumpul di satu perguruan tinggi. Kali ini, baik di perguruan tinggi Pulau Jawa maupun luar Jawa sama-sama terdistribusi dengan baik,” kata Ashari dalam keterangan tertulisnya, Selasa (29/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Rangkaian seleksi yang dilaksanakan oleh Tim Pelaksana SNPMB telah melibatkan 137 perguruan tinggi. Dengan komposisi 76 Perguruan Tinggi negeri (PTN) Akademik, 18 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN), dan 43 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Vokasi. Total peserta pada SNBP 2023 ini juga mengalami peningkatan dari 612.049 pada tahun 2022, menjadi 663.181 siswa.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Unair Terima 1.895 Camaba Jalur SNBP,  Ini Prodi dengan Persaingan Terketat

Sebanyak 143.805 peserta resmi dinyatakan lolos SNBP 2023. Jumlah tersebut terdiri dari 128.045 peserta pilihan pertama, dan 15.760 peserta pilihan kedua. Hasil resmi SNBP merupakan hasil olah data dengan perbandingan penerima oleh Rektor atau Direktur PTN.

 

Jika dibandingkan SNMPTN 2022 lalu, terdapat peningkatan signifikan dari segi komposisi pendaftar, persentase penerima, bahkan tingkat keketatan yang meningkat sampai 21,68 persen. Ashari mengingatkan agar peserta yang telah dinyatakan lolos dalam SNBP, wajib segera memenuhi syarat-syarat dokumen untuk registrasi ulang.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Nadiem: Kemendikbud Tetap Membantu dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Keputusan hasil SNBP bersifat mengikat bagi peserta. Setelah dinyatakan lolos, peserta otomatis tidak bisa mendaftar jalur SNBT. Pun ketika hasil seleksi tidak ditindaklanjuti, maka peserta akan dikenakan sanksi berupa larangan mendaftar seleksi nasional selama dua tahun kedepan.

“Kami selaku Tim Pelaksana SNPMB mengucapkan terima kasih atas kerja sama dari berbagai pihak, termasuk sekolah menengah dan perguruan tinggi dalam pelaksanaan SNBP ini. Semoga hasil ini bisa mengantarkan adik-adik untuk sukses berkuliah di PTN. Bagi yang belum beruntung, tentu masih banyak jalur lainnya yang menunggu,” ujarnya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi