Sabtu, 20/04/2024 - 03:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Wakil Menteri Luar Negeri Suriah, Turki, Iran, dan Rusia Akan Bertemu di Moskow

ADVERTISEMENTS

Dua anak kecil melambaikan bendera Turki dan Suriah dekat perbatasan dua negara (ilustrasi), Wakil menteri luar negeri Suriah, Turki, Iran dan Rusia akan bertemu pada 3-4 April mendatang di Moskow. Pejabat Turki dan Iran pada Selasa (28/3/2023) mengatakan, pertemuan ini bertujuan untuk membangun kontak antara Ankara dan Damaskus setelah bermusuhan selama bertahun-tahun

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 ANKARA — Wakil menteri luar negeri Suriah, Turki, Iran dan Rusia akan bertemu pada 3-4 April mendatang di Moskow. Pejabat Turki dan Iran pada Selasa (28/3/2023) mengatakan, pertemuan ini bertujuan untuk membangun kontak antara Ankara dan Damaskus setelah bermusuhan selama bertahun-tahun 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Tahun lalu, Rusia, para pejabat Suriah dan Turki mengadakan pertemuan dalam upaya untuk menormalisasi hubungan antara negara-negara yang berseberangan dalam konflik Suriah selama 12 tahun. Namun beberapa waktu lalu Presiden Suriah Bashar al-Assad menolak bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sampai Turki siap menarik militernya dari Suriah utara.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Kontak Prabowo, Erdogan Ajak Perkuat Kerja Sama Militer RI-Turki

“Pertemuan ini diharapkan menjadi kelanjutan dari pertemuan tingkat menteri yang telah dimulai selama proses normalisasi,” kata pejabat senior Turki yang berbicara tanpa menyebut nama.

“Namun, karena tidak akan ada partisipasi tingkat menteri dan pertemuan akan berada pada tingkat teknis, keputusan yang signifikan tidak diharapkan,” kata pejabat itu menambahkan.

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Rusia menjadi tuan rumah pertemuan menteri pertahanan Suriah dan Turki pada Desember. Iran secara terbuka mendukung pemulihan hubungan tersebut.

Pertemuan wakil menteri luar negeri empat negara sebelumnya dijadwalkan pada Maret, namun ditunda. Seorang pejabat senior Kementerian Luar Negeri Iran mengkonfirmasi pertemuan tersebut di Moskow pada minggu pertama April.

Berita Lainnya:
Zelenskyy Sebut Tanpa Bantuan AS, Pasukan Ukraina Terpaksa Mundur Perlahan

Sebuah sumber Suriah yang mengetahui pembicaraan tersebut mengkonfirmasi bahwa pertemuan antara wakil menteri luar negeri akan segera dilakukan. Pada Senin (27/3/2023) kantor berita negara Rusia RIA yang mengutip Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Bogdanov,  melaporkan, wakil menteri luar negeri Rusia, Turki, Iran dan Suriah akan mengadakan konsultasi di Moskow pada awal April.

Turki telah mengirim pasukan ke sebagian besar Suriah utara selama perang, dan telah mendukung oposisi Suriah. Erdogan pernah menyebut Assad sebagai teroris. Erdogan menghadapi tantangan politik terbesar selama dua dasawarsa pemerintahannya, terutama jelang pemilihan umum yang dijadwalkan berlangsung pada Mei mendatang.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi