Rabu, 17/04/2024 - 04:38 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Humza Yousaf Dilantik Sebagai Pemimpin Muslim Pertama di Skotlandia

ADVERTISEMENTS

 LONDON — Humza Yousaf dilantik sebagai pemimpin baru Skotlandia pada Rabu (29/3/2023). Dalam upacara pelantikan, Yousaf memadukan tradisi formal dengan warisan tanah kelahirannya, Pakistan. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Yousaf merupakan Muslim pertama yang memimpin Skotlandia. Dia mengenakan pakaian tradisional Pakistan, shalwar kameez berwarna hitam di pengadilan tertinggi Skotlandia, Court of Session di Edinburgh. Istri Yousaf bersama anak-anak dan orang tuanya menghadiri upacara pelantikan. Istri Yousaf menitikkan air mata di awal upacara.

ADVERTISEMENTS

Pria berusia 37 tahun itu kemudian mengumumkan kabinet barunya yang terdiri dari enam wanita dan tiga pria, yang sebagian besar merupakan sekutu dekat mantan pemimpin Skotlandia Nicola Sturgeon. Sturgeon dmengundurkan diri bulan lalu setelah mendominasi politik Skotlandia selama lebih dari satu dekade.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Shona Robison yang merupakan teman dekat Sturgeon akan menjabat sebagai menteri keuangan sekaligus wakil menteri pertama. Sementara Angus Robertson tetap bertanggung jawab atas masalah konstitusional dan urusan eksternal.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Indonesia Tepis Kabar Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel

 

Yousaf membentuk kabinet pertama dalam sejarah Skotlandia yang sebagian besar diisi oleh perempuan. Yousaf mengatakan, kabinetnya harus bertanggung jawab kepada pemilih yang mereka wakili.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

“Saat kami memperjuangkan kemerdekaan Skotlandia, kami akan terus memerintah dengan baik dan menunjukkan kepada rakyat Skotlandia manfaat dari keputusan tentang nyawa mereka yang diambil di sini di Skotlandia,” kata Yousaf.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

Yousaf menghadapi banyak tantangan, termasuk menyatukan partainya, memetakan arah baru menuju kemerdekaan dari Britania Raya, dan memperbaiki masalah kesehatan dan pendidikan Skotlandia. Yousaf memenangkan pemilihan kepemimpinan pada Senin (26/3/2023), menyusul pengunduran diri Sturgeon yang mengejutkan pada Februari.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%
Berita Lainnya:
Penyakit Kanker Terungkap Saat Kate Middleton Operasi Perut

Selama kampanye kepemimpinannya, Yousaf mengatakan dia akan beralih dari gaya kepemimpinan “lingkaran dalam” Sturgeon demi pendekatan yang lebih besar.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

Ketidaksepakatan internal atas masa depan Partai Nasional Skotlandia  muncul kembali setelah saingan utama Yousaf, Kate Forbes, keluar dari pemerintahan. Forbes menolak tawaran untuk menjadi menteri urusan pedesaan dan kepulauan. Dia mundur dari peran sebelumnya sebagai menteri keuangan.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Mantan menteri kesehatan Alex Neil, yang mendukung Forbes, mengatakan, jabatan yang diusulkan itu merupakan penghinaan dan bukan upaya nyata untuk menyatukan partai. Menteri Bisnis, Ivan McKee, yang mendukung Forbes dalam kontes kepemimpinan, juga menyatakan keluar dari pemerintahan.

Langkah ini diambil setelah McKee setelah ditawari posisi di kabinet  Yousaf. Namun dia menilai tawaran posisi tersebut sebagai penurunan jabatan.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi