Kamis, 25/04/2024 - 06:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Pupuk Indonesia Ungkap Alasan Produksi NPK Subsidi tak Penuhi Kebutuhan Nasional

ADVERTISEMENTS

PT Pupuk Indonesia (Persero) tak menampik produksi NPK subsidi saat ini belum mencukupi kebutuhan petani nasional. Hal ini dikarenakan kapasitas produksi dan kuota yang ditetapkan pemerintah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — PT Pupuk Indonesia (Persero) tak menampik produksi NPK subsidi saat ini belum mencukupi kebutuhan petani nasional. Hal ini dikarenakan kapasitas produksi dan kuota yang ditetapkan pemerintah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman menjelaskan saat ini kapasitas produksi PI untuk NPK subsidi sebesar 3,1 juta-3,2 juta ton. Hal ini tidak mencukupi kebutuhan NPK petani sebesar 13,5 juta ton.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kenapa TikTok Populer Sekaligus Diwaspadai di AS dan Eropa?

“Kebutuhan subsidi pemerintah ya sekitar itu. Jadi artinya aktara kapasitas yang dimiliki Pupuk Indonesia dengan kapasitas kebutuhan pupuk NPK subsidi itu kan matching aja,” kata Bakir, Kamis (30/3/2023).

ADVERTISEMENTS

Namun, kata Bakir, Pupuk Indonesia sedang melakukan penambahan kapasitas produksi dengan perbaikan pabrik. Beberapa pabrik dikonversi untuk bisa memproduksi NPK baik subsidi maupun non subsidi.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Saat ini, Petrokimia sedang mengkonversi pabrik lama mereka sehingga bisa menghasilkan produk pupuk NPK. Mudah-mudahan selesai tahun depan. Untuk tambah kapasitas. Kita kan tambah kapasitas terus,” tambah Bakir.

Berita Lainnya:
Pupuk Indonesia Ungkap Kekurangan Pasokan Gas untuk Operasional

Soal produksi NPK Subsidi, Bakir juga menambahkan Pupuk Indonesia tidak bisa serta merta menaikan produksi tanpa ada arahan pemerintah. Apalagi, hal ini juga sejalan dengan strategi pemerintah dalam ketahanan pangan.

“Kalau itu jadi tergantung pemerintah. Kalau pemerintah bilang NPK akan tambah jumlah subsidi, ya kami tembah. Kalau memang pemerintah mau untuk (tambah) subsidi ya kita ikuti,” tambah Bakir.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi