Sabtu, 20/04/2024 - 12:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Jepang Perketat Kendali Ekspor Peralatan Pembuatan Chip ke China

ADVERTISEMENTS

Foto yang diambil saat tur pers memperlihatkan karyawan yang bekerja di pabrik Jabil yang memproduksi PCB (papan sirkuit tercetak) dan komponen elektronik lainnya, di Wuxi, China, 21 Februari 2023. Pemerintah Jepang pada Jumat (31/3/2023) mengatakan akan memperketat pengendalian ekspor peralatan pembuatan chip ke China.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 TOKYO — Pemerintah Jepang pada Jumat (31/3/2023) mengatakan akan memperketat pengendalian ekspor peralatan pembuatan chip untuk menghalangi China membangun semikonduktor kelas atas di tengah meningkatnya kompetisi teknologi. Langkah Jepang itu diambil seiring dengan upaya yang dipimpin Amerika Serikat untuk membatasi China.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Stasiun KRL di Pusat Perbelanjaan Mulai Ramai

Langkah tersebut, yang diperkirakan berlaku pada Juli tahun ini, akan diterapkan setelah AS tahun lalu meluncurkan serangkaian kebijakan kendali ekspor chip kelas atas tertentu yang dapat digunakan oleh Beijing untuk melatih sistem kecerdasan buatan dan meningkatkan aplikasi militer dan pengawasan canggih.

ADVERTISEMENTS

Melalui rencana itu, Jepang akan merevisi peraturan kementerian perdagangan di bawah undang-undang devisa untuk memperluas cakupan barang manufaktur chip yang memerlukan persetujuan ekspor.

Sebanyak 23 jenis barang akan ditambahkan dalam daftar. In termasuk perangkat litografi dan annealing, proses pemanasan logam atau paduannya untuk mencapai suhu tertentu selama waktu tertentu agar tercapai perubahan yang diinginkan lalu mendinginkan logam/paduan tadi dengan laju pendinginan yang cukup lambat.

Berita Lainnya:
Gerak Cepat China Mendekati Prabowo

Amerika Serikat (AS) telah meminta Jepang dan Belanda untuk bekerja sama dalam memperketat kontrol ekspor pada teknologi pembuatan chip. Jepang dan Belanda tidak secara langsung memilih China sebagai target pengendalian ekspor mereka, tetapi Beijing sepertinya akan bereaksi atas perkembangan terbaru itu.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Pengendalian ekspor Jepang akan berlaku setelah meminta komentar publik hingga akhir April, menurut Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri.

 

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi