Selasa, 16/04/2024 - 14:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

Kemenkeu Alokasikan Sukuk Rp 50,4 Triliun untuk Pembangunan Perkeretapian

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Pembiayaan proyek infrastruktur perkeretaapian yang memanfaatkan surat berharga syariah negara (SBSN) atau sukuk secara nyata telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sampai dengan tahun 2023, total proyek infrastruktur perkeretaapian yang dibiayai dari SBSN sebesar Rp 50,4 triliun untuk membangun 136 proyek yang tersebar di berbagai wilayah tanah air Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Proyek SBSN yang dibangun melalui investasi bisa memberikan manfaat nyata dan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Total alokasi SBSN untuk sektor Perkeretaapian Rp 50,4 triliun,” ujar Direktur Pembiayaan Syariah Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko ( DJPPR) Kementerian Keuangan, Dwi Irianti Hadiningdyah kepada Republika, Jumat (31/3/2023).

ADVERTISEMENTS

Menurutnya, yang dilakukan pertama pada tahun 2013 untuk pembangunan proyek jalur ganda Cirebon-Kroya yang merupakan pioneer pembiayaan proyek pertama dengan sumber dana SBSN secara earmark. Salah satu proyek adalah Double-Double Track (DDT) Manggarai – Cikarang yang total alokasi pembiayaannya mencapai Rp 5,6 triliun, dan tahapan proyeknya dimulai tahun 2014 dan akan selesai secara keseluruhan pada tahun ini.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Jasa Marga Prediksi Lalu Lintas Tol Luar Jawa Naik pada Lebaran

“Pada tahun 2023 sebanyak Rp 4,6 triliun akan dialokasikan untuk 27 proyek SBSN sektor perkeretaapian,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

 

Alokasi dana tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yakni Rp 3,5 triliun untuk 15 proyek. Hingga kini terdapat 11 proyek SBSN di sektor perkeretaapian yang telah rampung, antara lain jalur kereta double track Selatan Jawa Cirebon- Kroya- Solo Madiun-Jombang. Kemudian, pembangunan jalur KA Trans Sulawesi antara Makassar-Pare-Pare segmen dua (Barru-Parepare).

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Pembangunan Jalur KA Trans Sulawesi antara Makassar- Parepare segmen tiga (Makassar-Barru). Keempat, pembangunan Jalan KA Layang Di Perkotaan Medan. Selanjutnya, pembangunan Double Double Track: Paket A (Konstruksi antara Manggarai – Jatinegara). Kemudian, pembangunan Jalur KA Trans Sumatera Rantauprapat – Kota Pinang (segmen satu).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal
Berita Lainnya:
KAI Catat Lonjakan Penumpang Stasiun Tanah Abang di Akhir Pekan

Di nomor tujuh ada pembangunan Jalur KA Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA). Kemudian, pembangunan Fasilitas Perkeretaapian untuk Bekasi sampai dengan Cikarang . Pembangunan Jalur Ganda KA Kiaracondong – Cicalengka tahap satu sgmen Gedebage — Haurpugur. Selanjutnya, pembangunan Jalur Ganda Mojokerto — Jombang dan peningkatan Jalur KA Lintas Lahat – Lubuk Linggau Segmen Lahat -Bungamas, Sumatera Selatan.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Pembiayaan proyek melalui SBSN merupakan sinergi kebijakan di antara Kementerian Keuangan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, dan Kementerian/Lembaga untuk membiayai proyek-proyek atau kegiatan prioritas dengan menggunakan dana yang bersumber dari pasar keuangan melalui instrumen sukuk yang diterbitkan oleh Pemerintah sejak tahun 2008.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

Sumber: Republika

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi