Jumat, 19/04/2024 - 16:31 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Luhut Ungkap Kelanjutan Pembahasan Impor KRL Bekas

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan kelanjutan mengenai pembahasan impor kereta bekas untuk operasional KRL. Saat ini, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter berencana untuk melakukan pengadaan KRL dengan mengimpor kereta bekas dari Jepang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Luhut mengatakan pembahasan impor KRL bekas masih dilakukan. “Kita mau rapat sekarang,” kata Luhut saat ditemui usai seremonial penyelesaian peletakan rel terakhir KCJB di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jumat (31/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dia menegaskan, pemerintah segera mengambil keputusan terkait kebutuhan KCI untuk menambah kapasitas angkut KRL. Luhut memastikan pembahasan impor KRL bekas juga berkoordinasi dengan Presiden Joko Widodo.

ADVERTISEMENTS

“Pokoknya satu kunci, presiden beri instruksi semua ada efisiensi. Kalau memang bisa dipakai ya kita pakai. Kalau bisa dibuat dalam negeri, dibuat dalam negeri,” jelas Luhut.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memastikan saat ini pembahasan mengenai rencana impor rangkaian kereta rel listrik (KRL) bekas masih dilakukan. Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan kajian masih terus dilakukan.

Berita Lainnya:
The Punctuality of Train Journey Close to 100 Percent

“Saat ini KAI dan KCI masih menunggu hasil evaluasi dari BPKP,” kata Didiek dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR, Senin (27/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Berdasarkan hasil rapat dengan Kemenkomarves pada 6 maret 2023, Didiek mengatakan proses impor KRL bekas dalam tahap review atau kajian. Proses tersebut dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Semua yang menjadi menjadi catatan rapat di Kemenkomarves menjadi evaluasi oleh BPKP,” ucap Didiek.

Dia memastikan saat ini juga sudah dilakukan peninjauan langsung ke Jepang. Didiek menuturkan, peninjauan tersebut dilakukan langsung oleh tim dari PR Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan BPKP seminggu yang lalu.

“Tim BPKP sudah bertemu dengan Japan Railways dan melihat sendiri bahwa kereta yang akan diimpor masih beroperasi sampai sekarang,” jelas Didiek.

Berita Lainnya:
Kemenkominfo Ajak Perempuan Indonesia Giat Berkarya di Era Digital

Sementara itu, Direktur Utama KCI atau KAI Commuter, Suryawan Putra Hia mengatakan saat ini operasional KRL membutuhkan kapasitas tambahan. Dia memastikan, impor KRL bekas menjadi salah satu upaya yang dilakukan selain juga memasan dari PT Industri Kereta Api (Persero) atau Inka.

Suryawan mengatakan Inka baru bisa memasok kebutuhan rangkaian KRL pada 2026. Sementara untuk memenuhi kebutuhan kapasitas pada 2023 dan 2024, KCI melakukan sejumlah diskusi bersama stakeholders terkait mengenai impor KRL bekas untuk kebutuhan mendesak.

“Untuk kebutuhan 2023 dibutuhkan sebanyak 10 trainset dan 19 trainset untuk 2024,” tutur Suryawan.

Suryawan menjelaskan, kebutuhan pada 2023 dan 2024 untuk mengganti sejumlah rangkaian KRL eksisting. Suryawan mengungkapkan terdapat rangkaian KRL pada 2023 dan 2024 secara teknologi sudah berubah.

“Usia sarananya pada 2023 dan 2024 mencapai 40 tahun ke atas sehingga ada beberapa yang sudah tidak berjalan,” ucap Suryawan.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi