Jumat, 26/04/2024 - 05:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Mantan Presiden AS Donald Trump Didakwa Lakukan Tindakan Kriminal 

ADVERTISEMENTS

Mantan Presiden Donald Trump berhenti sejenak saat berbicara di acara kampanye Senin, 13 Maret 2023, di Davenport, Lowa.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

NEW YORK – Mantan presiden AS Donald Trump didakwa melakukan kejahatan, Kamis (29/3/2023). Ia mantan presiden pertama yang mengahadapi dakwaan kejahatan.  Kasusnya terkait pembayaran sejumlah uang kepada  bintang porno, Stormy Daniels pada 2016. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Daniel mengeklaim ia telah melakukan hubungan layaknya orang dewasa dengan Trump dan dibayar untuk merahasiakannya. Trump menghendaki hubungannya dengan Daniel tak terungkap ke publik, bersamaan dengan kampanye presiden tahun 2016.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Menurut laman berita BBC, pembayaran semacam itu sah tetapi Trump mencatatnya sebagai akun business expense. Di New York, pemalsuan seperti itu dalam catatan bisnis merupakan tindakan ilegal. 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Siap Akui Kemerdekaan Palestina, PM Spanyol Bakal Yakinkan Negara-Negara Eropa

Dakwaan ini muncul dari penyelidikan yang dipimpin Jaksa Distrik Manhattan yang juga seorang Demokrat, Alvin Bragg. Bersamaan pula dengan keinginan Trump maju Pilpres 2024.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Trump menegaskan akan tetap melanjutkan rencananya itu meski diadang dakwaan kriminal. Ia menegaskan’’Saya sepenuhnya tak bersalah.’’ Menurutnya, ini campur tangan politik dalam tingkat paling tinggi dalam sejarah. 

Ia meminta dana dari pendukungnya untuk membiayai pembelaan atas kasusnya. Paling tidak ia telah menghimpun lebih dari dua juta dolar AS sejak memperkirakan ia ditahan pada 18 Maret.

Dakwaan spesifik terhadap Trump  belum diketahui tetapi kemungkinan akan disampaikan oleh hakim dalam beberapa hari mendatang. Trump mesti datang ke Manhattan untuk urusan sidik jari dan proses lain terkait kasusnya.

Berita Lainnya:
Hizbullah: Aksi Balasan Iran Atas Serangan Israel adalah Keniscayaan 

Kantor Bragg mengungkapkan, telah mengontak pengacara Trump untuk berkoordinasi terkait penyerahan diri mantan presiden itu. Seorang yang tahu kasus ini mengungkapkan, sepertinya akan dilakukan pada awal pekan depan. 

Pengacara Trump, Susan Necheles dan Joseph Tacopina menegaskan akan sepenuhnya bertarung menghadapi dakwaan kliennya. Kasus ini bakal menambah berat Trump dalam kampanyenya untuk kembali bertarung di Pilpres 2024.

Berdasarkan jajak pendapat Reuters/Ipsos yang dipublikasikan pekan lalu, 44 persen pendukung Republik menyatakan Trump mestinya mundur dari persaingan kursi presiden jika didakwa melakukan kejahatan. 

 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi