Selasa, 23/04/2024 - 23:25 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Piala Dunia U-20 Batal, Indonesia Kehilangan Potensi Ekonomi Rp 100 Triliun?

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Direktur Eksekutif Center of Reform on Economic (CORE) Indonesia Mohammad Faisal mengatakan, dalam setiap perhelatan salah satunya olahraga, pasti berdampak terhadap ekonomi. Apalagi, berskala dunia seperti Piala Dunia U-20.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Ia menambahkan, meski efeknya mungkin tidak sebesar penyelenggaraan Piala Dunia senior, namun tetap saja memiliki dampak signifikan, karena skalanya dunia. Berkaca pada pelaksaan Piala Dunia U-20 di Korea Selatan pada 2017 lalu, kata dia, dampaknya ke peningkatan bisnis bisa mencapai triliunan jika dirupiahkan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Perajin: Pasar Domestik Angkat Prospek Kerajinan Bambu Gianyar

“Bahkan (dampak) ke perekonomian Korea secara lebih luas, kalau dirupiahkan bisa di atas Rp 100 triliun,” tuturnya kepada Republika, Jumat (31/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dampak tersebut, lanjutnya, mengena pada berbagai sektor seperti pariwisata, akomodasi, perhotelan, bisnis ritel, pakaian, aksesoris, transportasi, serta logistik. Beragam sektor itu, lanjutnya, mengalami peningkatan atau mendapatkan manfaat dari gelaran Piala Dunia U-20. Maka jika dilihat, ujar Faisal, pembatalan agenda tersebut memang akan menghilangkan potensi pendapatan.

ADVERTISEMENTS

“Jadi bukan (dampak) kerugian, karena kalau dibilang kerugian, saya tidak tau bagaimana perkembangan persiapannya. Mungkin belum ada persiapan yang dilakukan oleh para pelaku usaha maupun pemerintah,” jelas Faisal.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Menlu: Indonesia Cari Jalan untuk Salurkan Bantuan ke Palestina

Pelaksanaan Piala Dunia U-20, lanjutnya, bukan hanya dilihat dari aspek ekonomi tapi juga aspek sosial politik. Itu karena, Indonesia tidak menjalin hubungan dengan Israel. Maka jika ada delegasi dari Israel yang datang, masyarakat kemungkinan mengecam.

“Jangan lupa ini adalah tahun politik, pada tahun politik kita harus jaga stabilitas sosial politik supaya tidak terjadi kericuhan atau kekacauan,” tegas dia.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi