Jumat, 26/04/2024 - 05:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Mahasiswa UI Menang Kompetisi dengan Aplikasi Parfum

ADVERTISEMENTS

 DEPOK—Tim Cakrawala yang beranggotakan tiga mahasiswa Universitas Indonesia (UI) menjuarai kompetisi L’Oral Indonesia Brandstorm 2023 dengan aplikasi untuk meracik wewangian yang mereka kembangkan menggunakan teknologi Natural Language Processing dan kecerdasan buatan generatif GPT-4.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Ide ini berawal dari hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa 85 persen orang ingin tampil wangi saat berada di luar. Banyak yang memiliki koleksi parfum lebih dari satu dengan aroma berbeda untuk acara yang berbeda,” kata dosen pembimbing Tim Cakrawala, Dr.Eng. Mia Rizkinia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Kami terpikir untuk membuat satu aplikasi parfum yang dapat menghasilkan wangi berbeda-beda tergantung pada pilihan pengguna,” katanya sebagaimana dikutip dalam siaran pers universitas di Depok, Ahad (2/4/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Di bawah bimbingan dari Dr. Eng. Mia Rizkinia, S.T., M.T. dan Siti Fauziyah Rahman, S.T., M.Eng., Ph.D, tiga mahasiswa Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang tergabung dalam Tim Cakrawala mengembangkan aplikasi untuk meracik wewangian.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
BMKG: 81 Gempa Bumi Tektonik Getarkan Sulut dan Sekitarnya

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Evelyn Velencia Febita, salah satu anggota Tim Cakrawala, menjelaskan bahwa aplikasi Personalized Perfumery System (PERFY) menggabungkan teknologi digital dengan formulasi wewangian fisik untuk menawarkan sistem wewangian lebih lengkap kepada pengguna.

Dengan dukungan Natural Language Processing (NLP) dan teknologi kecerdasan buatan generatif GPT-4, aplikasi PERFY dapat memberikan rekomendasi parfum atau wewangian yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya, kapanpun dan dimanapun.

Untuk mendapatkan rekomendasi parfum yang sesuai, pengguna dapat membuka aplikasi dan mengklik fitur Make My Personalized Scentpada tampilan awal kemudian menjawab pertanyaan untuk menentukan profil diri.

Berita Lainnya:
Kosmonaut Suriah Pertama yang ke Luar Angkasa, Muhammed d Faris Meninggal Dunia

Selanjutnya, pengguna aplikasi diminta memberikan informasi diri secara detail untuk mengetahui parfum yang dibutuhkan dan sesudah itu akan ditampilkan berbagai pilihan wewangian yang sesuai dengan kebutuhan.

Menurut pengembang, aplikasi PERFY dilengkapi 1000-IN-1 Fragrance Mixer yang terkoneksi melalui Bluetoothserta memiliki kemampuan ekstraksi hingga 1.000 macam aroma dengan produk yangramah lingkungan.

Selain itu,PERFY punya mode navigasi berteknologi Computer Vision (CV) dan mode bebas genggam yang memungkinkan interaksi dengan perangkat tanpa menyentuhnya secara fisik sehingga memudahkan pengguna dengan keterbatasan fisik.

Evelyn, yang mengembangkan aplikasi tersebut bersama Alvin FilipidanJulieta Hermawan, mengatakan bahwa aplikasi tersebut ramah penyandang disabilitas karena dapat dioperasikan dengan sentuhan, suara, maupun kedipan mata.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi