Rabu, 24/04/2024 - 10:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Dishub Tutup Pendaftaran Mudik Gratis Jakarta 2023

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta secara resmi menutup pendaftaran Program Mudik Gratis DKI Jakarta Tahun 2023 pada 24 Maret 2023 pukul 09.00 WIB. Ditutupnya pendaftaran karena jumlah pendaftar sudah melebihi target.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan sejak pendaftaran dibuka pada 23 Maret 2023 pukul 08.00 WIB, antusiasme masyarakat begitu tinggi. Ribuan orang mengakses sistem mudikgratisjakarta.com secara bersamaan dan membuat sistem dikeluhkan banyak orang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Namun, Dishub DKI memastikan dengan berbagai langkah bahwa sistem tidak down dan masyarakat tetap dapat mengaksesnya. “Berdasarkan hasil verifikasi dokumen, pada arus mudik terdapat kelebihan peserta sebanyak 5.984 penumpang, karena targetnya adalah 11.120 penumpang, namun peserta yang tercatat sebanyak 17.104 penumpang. Pada arus balik dari target 8.160 penumpang, peserta yang tercatat sebanyak 11.402 penumpang, terdapat kelebihan peserta sebanyak 3.242 penumpang,” kata Syafrin, Senin (3/4/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Menhub Sebut Mudik Gratis BUMN Bantu Arus Mudik Lebih Kondusif

Sebagai antisipasi sebelum dibukanya pembukaan pendaftaran, Dishub telah melakukan berbagai upaya pada sistem mudik gratis, yakni membangun enam lokasi pelayanan mudik gratis untuk membantu masyarakat kesulitan yang melakukan pendaftaran. Lalu, membuka call center dengan nomor telepon yang disematkan di setiap papan informasi di enam lokasi pelayanan tersebut, menambah VM/Server Sistem Informasi Mudik Gratis dan menginformasikan situs pendaftaran yang benar, yaknimudikgratisjakarta.com.

ADVERTISEMENTS

Adapun alur verifikasi kelengkapan pendaftaran calon peserta yang sudah mendaftar ke program Mudik Gratis Tahun 2023 ini sebagai berikut, Dishub DKI akan menghubungi peserta mudik melalui WA Blast untuk memastikan data peserta mudik telah sesuai dengan dokumen yang dikirimkan dan kesiapan peserta mudik mengikuti program Mudik Gratis sesuai jadwal.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Kemudian, bagi pendaftar offline yang tidak memiliki smartphone saat melakukan pendaftaran, Dishub memberikan tanda terima dokumen dan meminta nomor telepon yang dapat dihubungi. Sehingga, call center Dishub aktif memberikan informasi kepada mereka.

Berita Lainnya:
BSI Fasilitasi Mudik Gratis untuk 644 Pemudik

Dishub mengimbau agar para pendaftar harus datang langsung ke service point terdekat guna mengambil print out tiket offline.

“Hari ini seluruh peserta yang mendaftar baik secara online maupun offline, sudah mendapatkan notifikasi/pengumuman bahwa yang bersangkutan sudah terdaftar sebagai peserta Mudik Gratis DKI Jakarta Tahun 2023 dan tiket dikirim melalui WA Blast sebagai bentuk verifikasi ulang,” ujarnya.

Terhadap animo masyarakat yang tinggi dan melebihi kuota, Dishub DKI akan memverifikasi kembali kepada pendaftar untuk menanyakan kepastian kepergian melalui WA Blast. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa pendaftar menyetujui jadwal mudik/balik yang telah ditetapkan.

Berikutnya, mengoptimalkan kapasitas angkut dari bus yang disediakan, yakni semula 40 seat/bus menjadi 46-50 seat/bus.

 

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi