Kamis, 25/04/2024 - 17:42 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

‘ASN Kalau tidak Mau Hidup Sederhana, Ya Harus Pilih Pekerjaan Lain’

ADVERTISEMENTS

oleh Febryan A, Dessy Suciati Saputri, Fauziah Mursid

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemendagri untuk menerapkan pola hidup sederhana. Pernyataan itu disampaikan Suhajar ketika membuka Lokakarya Peningkatan Kapasitas ASN dengan tema ‘ASN Hidup Sederhana: No Flexing/Tidak Hedon’, Rabu (5/4/2023). 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Suhajar mengatakan, ASN harus mengerti kodratnya sebagai pegawai negeri, yakni hidup sederhana. Menurutnya ASN harus menerapkan prinsip tidak lebih besar pasak daripada tiang. Dia memberi contoh, ketika hendak berbelanja harus disesuaikan dengan pendapatan. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Bahwa yang namanya pegawai negeri ini hidupnya sederhana. Kalau tidak mau hidup sederhana, ya harus memilih pekerjaan yang lain. Itu selalu saya sampaikan kepada pegawai, terutama kepada ASN-ASN yang baru diangkat menjadi CPNS,” kata Suhajar dalam lokarkarya yang digelar secara daring itu. 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Soal Jakarta Jadi Ibu Kota Legislasi, Puan: Kita Coba Lihat Dulu

Dia menjelaskan, menurut cashflow quadrant yang dibuat oleh Robert T. Kiyosaki, ASN masuk dalam kuadran I atau kuadran pekerja (employee). Kuadran II merupakan kuadran profesi seperti pengacara dan dokter. Kuadran III contohnya manajer dan direktur perusahaan. Sedangkan kuadran IV ditempati oleh investor. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Kuadran I, kata dia, tidak menghasilkan uang lebih banyak dibandingkan dengan tiga kuadran lainnya. Apalagi ASN yang merupakan pekerjaan pengabdian kepada bangsa dan negara, serta memberikan pelayanan publik prima kepada masyarakat. 

“Kalau mau kaya jadilah di kuadran IV atau III. Kalau mau pindah kuadran, bisa, mundur jadi pegawai,” ujarnya. 

Berita Lainnya:
Kuasa Hukum KPU RI Sebut Informasi Terkait Alibaba Cloud adalah Informasi Sensitif

Lebih lanjut, Suhajar mendorong para ASN Kemendagri untuk mengendalikan diri agar tidak membeli barang-barang mewah, apalagi kemudian dipamerkan. Menurutnya, ASN harus tahu betul berpijak, karena hidup bukan hanya soal uang, tapi juga kebahagiaan. 

“Kehidupan kita ini adalah bagaimana mendapatkan kebahagiaan, yang mana kita yakini bahwa kebahagiaan hidup tidak selalu tergantung dengan uang. Uang yang ada pada kita ini kita kelolalah dengan baik,” ujarnya.

Senada, motivator dan pendiri ESQ Leadership Center, Ary Ginanjar menyebut ASN bisa tetap bahagia walau hidup sederhana. Menurutnya, kunci mewujudkan kebahagiaan adalah mencapai physical happiness, emotional happiness, dan spiritual happiness. 

“Bahagia itu bukan hanya physical happiness, tetapi juga emotional dan spiritual happiness,” ujar Ary dalam kesempatan sama.

 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi