Sabtu, 20/04/2024 - 04:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

Harga Minyak Naik Tipis, Pasar Pertimbangkan Pemotongan Produksi OPEC Plus

ADVERTISEMENTS

 NEW YORK — Harga minyak naik tipis dalam sesi berombak pada akhir perdagangan Selasa (4/4/2023) waktu setempat. Investor mempertimbangkan pengurangan produksi yang direncanakan OPEC Plus (OPEC+) terhadap data ekonomi AS dan China yang lemah yang dapat menyiratkan pendinginan permintaan minyak.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei naik 29 sen atau 0,36 persen, menjadi menetap di 80,71 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange. Minyak mentah Brent untuk pengiriman Juni naik 1 sen atau 0,01 persen, menjadi ditutup pada 84,94 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Pada Senin (3/4/2023), WTI dan Brent melonjak lebih dari 6,0 persen, didorong oleh langkah mengejutkan selama akhir pekan oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, yang secara kolektif dikenal sebagai OPEC+.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Menko Airlangga Bilang Harga Minyak Mentah Sudah di Atas Asumsi APBN

Beberapa negara OPEC+ pada Ahad (2/4/2023) secara tak terduga mengumumkan tambahan pengurangan produksi minyak mentah lebih dari 1 juta barel per hari mulai Mei.

“Masih terlalu dini untuk menilai dampak dari keputusan pengurangan produksi terbaru di pasar minyak, karena mungkin akan mempengaruhi tidak hanya pasokan tetapi juga permintaan,” kata Carsten Fritsch, analis energi di Commerzbank Research, dalam sebuah catatan, Selasa.

“Kita perlu melihat permintaan bertahan dan tumbuh untuk mendorong minyak mentah ke atas 80 dolar,” kata Dennis Kissler, wakil presiden senior perdagangan di BOK Financial.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Target produksi terbaru OPEC+ membawa total volume pemotongan oleh OPEC+ menjadi 3,66 juta barel per hari, termasuk pemotongan 2 juta barel Oktober lalu, setara dengan sekitar 3,7 persen dari permintaan global.

Berita Lainnya:
Erick Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Pembatasan produksi membuat banyak analis menaikkan perkiraan harga minyak Brent mereka menjadi sekitar 100 dolar AS per barel pada akhir tahun. Goldman Sachs menaikkan perkiraannya untuk Brent menjadi 95 dolar AS per barel pada akhir tahun 2023, dan menjadi 100 dolar AS untuk tahun 2024.

Lowongan pekerjaan AS pada Februari turun ke level terendah dalam hampir dua tahun dan kemerosotan aktivitas manufaktur AS pada Maret menimbulkan kekhawatiran tentang permintaan minyak. Aktivitas manufaktur yang lemah di China bulan lalu juga menambah kesengsaraan.

 

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi