Jumat, 19/04/2024 - 15:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OTOMOTIF
OTOMOTIF

Masa Depan SPBU: akan Berubah Menjadi Stasiun Pengisian Mobil Listrik?

ADVERTISEMENTS

Salah SPBU di Amerika Serikat. Foto illustrais.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Ketika negara-negara  maju sebagian besar menghentikan penjualan kendaraan bermesin pembakaran internal dan transisi massal menuju mobil listrik (EV), kita akan bertanya-tanya: apa yang akan terjadi pada 145 ribu stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Amerika Serikat. Dan bagaimana juga nasib SPBU di belahan dunia lainnya? Dan di mana  stasiun-stasiun pengisian mobil listrik itu akan ditemukan?

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Memang bisa jadi  sebagian besar dari mereka yang memiliki akses ke pengisian daya di rumah akan lebih jarang ke stasiun pengisian umum. Akan tetapi masih ada sejumlah besar dari masyarakat yang tidak memiliki kemudahan pengisian daya dalam semalam di tempat tinggalnya.

ADVERTISEMENTS

Sebuah studi oleh Wood Mackenzie menunjukkan bahwa jumlah tempat pengisian daya publik di AS dan Kanada akan meningkat enam kali lipat antara tahun 2022 dan 2050. Menurut Inside Climate News, sebagian besar akan menjadi pengisi daya cepat Level 3.

Berita Lainnya:
Periksa Mobil Pribadi Sebelum Mudik, Perhatikan Lima Bagian Pengecekan

Studi tersebut menunjukkan bahwa SPBU tradisional sebagian besar akan berubah menjadi pelabuhan pengisian daya. Dalam banyak kasus, pom bensin ini sudah memiliki posisi yang baik untuk melayani konsumen — dan karena mereka yang melakukan perjalanan lebih jauh cenderung membutuhkan pengisi daya yang cepat, menggunakan lokasi yang ada ini sangat masuk akal. Banyak SPBU yang berada di jalur utama memiliki ekosistem jasa pendukung, seperti restoran dan pertokoan. Dengan pengisian ulang yang memakan waktu lebih lama daripada memompa tangki penuh bahan bakar, tidak terbayangkan bahwa pusat wisata seperti mal akan berkembang.

Akan ada lokasi pengisian daya lainnya juga. Tetapi faktor pembatasnya tidak selalu ketersediaan ruang tetapi kemampuan untuk memasok listrik dari jaringan. Misalnya, pengembang pengisi daya mungkin harus bekerja sama dengan perusahaan utilitas untuk meningkatkan kapasitas jaringan untuk mengoperasikan stasiun pengisian daya — dan ini bisa menjadi lebih sulit jika ada stasiun lain dalam jarak dekat.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Hati-Hati SPBU Nakal di Rest Area Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Sementara itu, toko serba ada berinvestasi dalam infrastruktur pengisian daya lingkungan untuk meningkatkan akses bagi mereka yang mungkin tidak dapat mengisi daya di rumah. Tetapi para penyuka film mengatakan bahwa pemilik EV tidak perlu dihibur oleh outlet eksternal. Sebagian besar dari pemilik mobil listrik hanya menunggu di dalam mobil mereka saat pengisian daya di tempat umum. Sangat mereka sambil menonton video atau membaca email, membuat masa depan yang agak tidak pasti bagi pemilik toko yang ingin menawarkan pengisian daya EV.

 

sumber : Carscoops/firkah fansuri

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi