Kamis, 25/04/2024 - 05:38 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Analis: Kepemilikan Softbank di GoTo Tunjukkan Kepercayaan

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Head of Research Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan menilai porsi kepemilikan Grup Softbank di PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo), yang cukup besar menunjukkan adanya keyakinan atau kepercayaan perusahaan investasi tersebut terhadap GoTo.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Dengan kepemilikan di GoTo yang masih besar, sebetulnya masih menunjukkan keyakinan atau kepercayaan Softbank terhadap GoTo ke depannya,” ujar Valdy dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (11/4/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Valdy mengatakan, keberadaan investor besar, terutama yang fokus investasi pada startup bisa menjadi salah satu faktor yang menjaga keyakinan pelaku pasar terhadap GoTo. Terkait aksi penjualan oleh Softbank terhadap saham GoTo belakangan ini, Valdy menilai hal tersebut tidak terlepas dari penguatan harga saham GoTo yang cukup signifikan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Ada juga kemungkinan penjualan dilakukan sejalan dengan pergerakan harga saham GoTo yang cenderung menguat sejak akhir Desember 2022 hingga awal Maret 2023 kemarin,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Pertamina: Konsumsi BBM di Bali Saat Libur Lebaran Naik

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Menurut Valdy, sebenarnya aksi penjualan sebagian portofolio investasi oleh Softbank terjadi serempak di sejumlah perusahaan unggulan. Seperti perusahaan perangkat lunak untuk seluler berbasis di Swedia, Sinch, Uber, Fortress Investment Group, serta perusahaan aggregator asuransi, PolicyBazaar.

Lanjut dia, penjualan saham juga dilakukan Softbank atas kepemilikan mereka di Paytm, Delhivery, dan Alibaba, terutama terjadi dalam rangka menghadapi penutupan tahun fiskal perusahaan-perusahaan Jepang yang berakhir pada 31 Maret 2023. “Memang tidak harus selalu seperti itu (lepas kepemilikan saham). Akan tetapi, memang ada kemungkinan aksi korporasi tersebut merupakan bagian dari aksi strategis terkait kinerja/laporan keuangan tahun buku 2022,” ujar Valdy.

Dia menjelaskan langkah Softbank dalam mengubah komposisi portofolio mereka merupakan langkah wajar, yang mana divestasi saham GoTo oleh Softbank pun diserap oleh investor asing maupun lokal. Dia menyebut saham GoTo tetap menjadi incaran asuransi, dana pensiun, perusahaan serta institusi lain, yang menegaskan tingginya kepercayaan investor akan potensi dan prospek bisnis GoTo.

Berita Lainnya:
Alhamdulillah, Indeks Literasi Keuangan Syariah 2023 Tumbuh Jadi 39 Persen

Softbank sebagai perusahaan investasi yang dipimpin Masayoshi Son mendivestasi sekitar 10 persen dari kepemilikan mereka pada GoTo, atau kurang dari satu persen dari seluruh saham beredar GoTo, sehingga Softbank masih tercatat bagian dari pemilik saham di atas 5 persen pada kuartal I 2023.

Pada akhir kuartal I 2023, tercatat kepemilikan saham Grup Softbank di GOTO melalui SVF GT Subco sebanyak 7,79 persen atau berkurang 0,9 persen dari seluruh saham beredar GOTO, dibandingkan 8,70 persen pada akhir 2022. Kepemilikan sebesar 7,79 persen tersebut setara 92,290 miliar saham atau setara Rp 8,7 triliun dengan asumsi harga Rp 94 per saham pada penutupan perdagangan Senin (10/4/2023).

 

Sudah Beralih ke Motor Listrik? Merek Apa yang Sudah Nangkring di Garasi Kamu?

Suka Pakai Aplikasi Paylater? Favorit Kamu yang Mana?

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi