Jumat, 19/04/2024 - 23:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Cadangan Beras Pemerintah Saat Ini Tipis, Padahal Sedang Panen Raya

ADVERTISEMENTS

Pekerja memperlihatkan muatan truk yang akan menyalurkan cadangan beras pemerintah saat Penyaluran Program Bantuan Pangan di Komplek Pergudangan Bulog Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (6/4/2023). Perum Bulog resmi melepaskan penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk bantuan pangan sebanyak 640.590 ton untuk 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang tercatat dalam data Kementerian Sosial.Bantuan sosial (bansos) ini untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga Penerima Manfaat dalam pemenuhan pangan terutama saat menghadapi Ramadhan dan persiapan Idul Fitri 2023.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Perum Bulog mencatatkan cadangan beras pemerintah saat ini sebesar 267 ribu ton. Realisasi serapan beras dalam negeri hingga 6 April kemarin mencapai 93 ribu ton.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
BI Kalbar Dampingi Petani Jaga Ketersediaan Beras

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menjelaskan Perum Bulog akan memaksimalkan serapan produksi dalam negeri. Saat ini total stok beras bulog mencapai 283 ribu ton dengan rincian stok CPP 267 ribu ton dan stok komersial 16,4 ribu ton.

ADVERTISEMENTS

“Stok kedepannya akan semakin meningkat, dengan adnaya pengadaan beras dalam negeri,” ujar Budi saat RDP dengan Komisi VI DPR RI, Selasa (11/4/2023).

Stok cadangan pemerintah yang tipis ini berbanding terbalik dengan klaim Menteri Pertanian yang menyebutkan panen raya di sejumlah wilayah. Apalagi, saat ini sudah memasuki musim panen raya.

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Kami (Kementan) selalu bersama rakyat, petani, bersama Gubernur dan para Bupati di lapangan merasa kunjungan ini memberi arti, salah satu adalah perhatikan agar kesejahteraan petani bukan hanya menanam kemudian ditinggalkan begitu saja,” kata Syarul.

Berita Lainnya:
Jaga Harga Panen Raya, Bulog Diberi Fleksibilitas HPP

Pekan lalu, Presiden Joko Widodo melakukan panen raya padi di Desa Lajer Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen, Kamis (9/3/2023). Panen padi yang dilakukan Presiden tersebut menandai panen padi yang dilakukan serentak di 30 propinsi dan 113 titik yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebagai informasi, produksi padi nasional tahun 2022 sebesar 54,75 juta ton GKG mengalami kenaikan 0,61 persen jika dibandingkan tahun 2021, 54,42 juta ton.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi