Jumat, 26/04/2024 - 04:54 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

PBB Ngeri Lihat Video Pemenggalan Kepala Tentara Ukraina

ADVERTISEMENTS

Makam tentara Ukraina selama invasi Rusia di sebuah pemakaman di Bucha, barat laut Kiev, Ukraina. PBB Kecam Video Pemenggalan Kepala Tentara Ukraina

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

KIEV — PBB mengecam video pemenggalan kepala tentara Ukraina yang beredar di internet. Misi Pemantauan Hak Asasi Manusia PBB di Ukraina mengatakan mereka telah mendokumentasikan “pelanggaran serius hukum humaniter internasional termasuk yang dilakukan terhadap tahanan perang.”

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Insiden terbaru harus diselidiki dengan tepat dan pelaku harus dimintai pertanggung jawaban,” kata Misi PBB di Ukraina dalam pernyataanya, Rabu (12/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Video tersebut menyebar dengan cepat di internet dan memicu kemarahan dari pemerintah Ukraina termasuk Presiden Volodymyr Zelenskyy dan organisasi internasional. Kremlin menyebut rekaman video itu “sangat buruk” tapi mengatakan membutuhkan verifikasi.

ADVERTISEMENTS

“(Sekretaris Jenderal PBB Antonio) Guterres telah melihat video itu dan merasa ngeri olehnya dan mendukung seruan agar pelaku dimintai pertanggung jawaban,” kata juru bicara PBB  Stephane Dujarric.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Prihatin dengan Keadaan di Gaza, China Serukan Israel Segera Sepakati Gencatan Senjata

 

Video tersebut juga memicu kemarahan rakyat Ukraina. “Ini mengerikan,” kata warga Kota Kiev Mykola Drobot.

“Hal ini seperti tidak bisa terjadi tanpa persetujuan pemimpin politik atau militer, baik dengan bungkam atau tidak,” tambahnya.

Warga Kiev lainnya Yuliia Sievierina berspekulasi video itu bertujuan untuk menekan moral rakyat Ukraina. Agar rakyat Ukraina merasa semakin tertindas dan emosinya tercabik-cabik.

“Itu tidak akan berhasil, ini hanya akan memicu kemarahan dan hasrat perlawanan yang lebih besar,” katanya.

Sementara itu juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov pasukan paramiliter swasta Wagner telah meraih kemajuan di Kota Bahkmut yang menjadi fokus pertempuran di Ukraina selama berbulan-bulan. Pemerintah Ukraina belum menanggapi pernyataan itu.

Namun sebelumnya Zelenskyy mengatakan pasukannya akan mundur dari kota tersebut bila terancam terkepung. Konashenkov tidak mengungkapkan dengan spesifik daerah Bakhmut mana yang sudah dikuasai pasukan Rusia atau berapa banyak wilayah kota yang masih dikuasai pasukan Ukraina.

Berita Lainnya:
Mesir dan PBB Sepakat Israel Harus Akhiri Segera Penindasan Warga Sipil di Gaza 

Di tempat lain Gubernur Zaporizhzhia Serhii Lysak mengatakan empat orang warga sipil terluka dalam tembakan pasukan Rusia ke kota yang dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia.

“Orang-orang ditarik keluar dari reruntuhan,” katanya di aplikasi kirim pesan Telegram. Ia mengatakan tembakan Rusia menghancurkan 13 rumah dan sejumlah mobil di Nikopol.

Gubernur Donetsk Pavlo Kyrylenko menuduh pasukan rusia menyerang sebuah kota di timur Provinsi Donetsk dengan bom tandan yang dilarang oleh perjanjian internasional. Serangan itu melukai satu orang.

Sudah Beralih ke Motor Listrik? Merek Apa yang Sudah Nangkring di Garasi Kamu?

Suka Pakai Aplikasi Paylater? Favorit Kamu yang Mana?

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi