Jumat, 19/04/2024 - 14:09 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Turki Setuju Keputusan Israel Larang Pemukim Kunjungi Masjid Al Aqsa

ADVERTISEMENTS

Polisi Israel dikerahkan di Masjid Dome of the Rock di kompleks Masjid Al-Aqsa menyusul penggerebekan di lokasi tersebut selama bulan suci Ramadhan di Kota Tua Yerusalem, Rabu (5/4/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

ANKARA — Turki pada Rabu (12/4/2023) setuju dengan keputusan Israel yang melarang pihak selain umat Islam untuk mengunjungi kompleks Masjid Al Aqsa di wilayah pendudukan Yerusalem Timur sampai akhir Ramadhan guna meredakan ketegangan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Melalui sambungan telepon, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu dan Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen membahas perkembangan terkini Masjid Al Aqsa, menurut sumber diplomatik Turki.

ADVERTISEMENTS

Panggilan telepon itu berlangsung sehari setelah ada pernyataan dari kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tentang larangan “naik ke Bukit Bait Suci (kompleks Masjid Al Aqsa) sampai akhir Ramadhan” bagi pengunjung dan wisatawan Yahudi.

Berita Lainnya:
Jerman Minta Iran tak Meningkatkan Ketegangan

Cavusoglu menekankan bahwa provokasi tidak boleh terjadi lagi di masjid Al Aqsa. Menurut sejumlah sumber, Menlu Turki mengatakan negaranya akan memberikan kontribusi apa pun yang memungkinkan untuk mengurangi ketegangan.

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Situasi di seluruh wilayah Palestina semakin memanas setelah pasukan Israel menyerbu kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur dan mengusir para jemaah pekan lalu. Penyerbuan Israel terhadap Masjid Al Aqsa memicu tembakan roket dari Jalur Gaza dan Lebanon, yang juga menuai aksi balasan dari Israel lewat serangan udara dan artileri.

Berita Lainnya:
Surat Jaminan Umar Bin Khattab untuk Umat Nasrani dan Gereja Ini Menginspirasi Dunia

Masjid Al Aqsa merupakan tempat paling suci ketiga bagi umat Islam. Sementara, Yahudi menyebut kompleks Masjid Al Aqsa sebagai Bukit Bait Suci lantaran dua kuil Yahudi berada di tempat tersebut pada zaman kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur, yang merupakan lokasi dari masjid Al Aqsa, selama perang Arab-Israel pada 1967. Israel mencaplok seluruh kota tersebut pada 1980 dalam sebuah langkah yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional.

Sudah Beralih ke Motor Listrik? Merek Apa yang Sudah Nangkring di Garasi Kamu?

Suka Pakai Aplikasi Paylater? Favorit Kamu yang Mana?

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi