Rabu, 24/04/2024 - 23:09 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Ukraina dan Rusia Saling Klaim Kuasai Bakhmut

ADVERTISEMENTS

Ukraina dan Rusia saling menyangkal mengenai berapa banyak wilayah Bakhmut yang sudah dikuasai Rusia. Selama berbulan-bulan kota itu menjadi fokus pertempuran dalam upaya Kremlin menguasai bagian timur Ukraina.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

KIEV — Ukraina dan Rusia saling menyangkal mengenai berapa banyak wilayah Bakhmut yang sudah dikuasai Rusia. Selama berbulan-bulan kota itu menjadi fokus pertempuran dalam upaya Kremlin menguasai bagian timur Ukraina.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Militer Ukraina mengatakan mereka masih menguasai lebih dari 20 persen kota. Militer Ukraina menegaskan klaim pengusaha Rusia, Yevgeny Prigozhin, bahwa pasukan Wagner Group miliknya menguasai lebih dari 80 persen Bakhmut tidak benar.  

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Kementerian Pertahanan Rusia membalas penyangkalan itu dengan mengatakan pasukan Wagner menguasai tiga blok Bakhmut. Pasukan Rusia mengatakan mereka menyerang tentara cadangan Ukraina yang mencoba menerobosnya.

ADVERTISEMENTS

Setelah mundur dari upaya menguasai Kiev tahun lalu dalam apa yang mereka sebut “operasi militer khusus” ke Ukraina, militer Rusia fokus merebut Bakhmut. Batu pijakan untuk menguasai kota-kota di wilayah barat Donetsk.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Jenderal AS: Ukraina akan Kalah Tanpa Bantuan Amerika Serikat

 

Namun kemajuan untuk merebut kota itu tertahan selama berbulan-bulan. Prigozhin menyampaikan pengumuman terlalu dini mengenai posisi pasukan Wagner di Bakhmut. Juru bicara komando militer timur Ukraina Serhiy Cherevatyi membantah klaim Prigozhin.

“Saya baru saja menghubungi salah satu komandan brigade yang mempertahankan kota, dan saya dengan percaya diri dapat mengatakan persentase wilayah Bakhmut yang dikuasai pasukan pertahanan Ukraina jauh lebih besar,” kata Kamis (13/4/2023).

Direktur perusahaan konsultan militer di Polandia, Konrad Muzyka mengatakan berdasarkan perhitungannya klaim 80 persen Rusia benar. “Pernyataan besarnya apakah tempo Rusia saat ini dapat mempertahankannya,” kata Muzyka di Twitter.

Pasukan Ukraina mempertahankan Bakhmut selama berbulan-bulan dalam invasi yang sudah menewaskan ribuan orang. Pada Selasa (11/4/2023) lalu Prigozhin mengatakan pasukan Wagner sudah menguasai gedung-gedung pemerintahan, pabrik-pabrik, gudang-gudang dan bangunan-bangunan pemerintah kota madya di Bakhmut.

Berita Lainnya:
Paus Fransiskus Serukan Dialog dan Diplomasi untuk Konflik Timur Tengah

“Prigozhin setidaknya harus menunjukkan semacam kemenangan di kota, yang telah mereka coba rebut selama sembilan bulan berturut-turut dan itulah mengapa ia menyampaikan pernyataan semacam itu,” kata Cherevatyi.

Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan Rusia tidak berhenti berusaha merebut kota itu. Pasukan Ukraina setidaknya membalas 18 serangan. Pasukan Rusia mengatakan mereka gagal untuk melangkah maju ke dua desa di sebelah barat laut.

Dalam laporannya Staf Umum Ukraina mengatakan pasukan Ukraina juga membalas 14 serangan di Kota Maryinka yang diperebutkan. Kota di sebelah selatan itu dekat penghasil kokas, Avdiivka.

Presiden Volodymyr Zelenskyy memuji upaya pasukannya mempertahankan Bakhmut dan daerah lain di timur Ukraina. Tapi ia tidak menyebutkan situasi di kota-kota tertentu.

Sudah Beralih ke Motor Listrik? Merek Apa yang Sudah Nangkring di Garasi Kamu?

Suka Pakai Aplikasi Paylater? Favorit Kamu yang Mana?

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi