Rabu, 24/07/2024 - 22:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Impor Tekstil Ilegal Marak, Asosiasi Minta Penindakan Lebih Serius

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filamen Indonesia (Apsyfi) meminta pemerintah lebih serius memberantas impor tekstil illegal yang bertambah marak. Impor itu kini dinilai dilakukan secara terbuka. 

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Ketua Umum Apsyfi Redma Gita Wirawasta menyatakan, banjirnya barang tekstil impor semakin menekan kinerja industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) hingga rata-rata utilisasinya dari hulu ke hilir kini hanya di kisaran 50 persen. Berdasarkan perhitungan Apsyfi, kata dia, per tahunnya ada sekitar 300 hingga 400 ribu ton impor TPT ilegal senilai Rp 35 triliun.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Impor ilegal dalam bentuk pakaian, kain, maupun benang. “Sekitar 1.400 kontainer per bulan masuk lewat pelabuhan-pelabuhan utama di Jawa dan sebagian lewat Sumatra,” tutur dia. Redma menyampaikan, sekitar 210 ribu ton, berasal dari China. Sisanya dari Korea, Taiwan, India, Vietnam, Bangladesh, dan Thailand.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

“Kita bisa lihat secara jelas data dari Trade Map yang catatan ekspor TPT China ke Indonesia lebih besar dibanding catatan impor kita dari China,” katanya.

Berita Lainnya:
BI Ungkap Pembiayaan Perbankan Syariah Tumbuh Tinggi
ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Ia menjelaskan, perbedaan data ini disebabkan oleh praktik impor borongan, under invoice, pelarian Harmonized System (HS), dan rembesan gudang berikat. Praktik itu, kata dia, secara leluasa dan terbuka dilakukan oleh perusahaan jasa bekerja sama dengan oknum bea cukai di lapangan. Maka dengan mudah masuk lewat jalur hijau, bahkan tanpa perlu persetujuan impor.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Ia pun menyoroti persetujuan impor TPT terkait Permendag Nomor 25 Tahun 2022 yang dianggapnya masih banyak kebocoran. Redma mengatakan, asosiasi mendapat laporan masih banyaknya perusahaan yang melakukan pelanggaran dan diberikan izin impor berlebih baik oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk API-P maupun oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk API-U.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

“Izin impor yang diberikan tidak transparan. Para pelanggar tidak pernah ditindak, malah izin impornya terus bertambah” tegasnya.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Sementara di sisi lain, lanjut dia, banjirnya impor illegal ini menekan utilisasi industri TPT ke titik yang cukup rendah hingga menelan korban. Terakhir pada awal April lalu, PT Tuntex Garment bangkrut dan melakukan PHK sekitar 1.163 karyawan.

Berita Lainnya:
Bank Mandiri Borong 8 Penghargaan di Asian Banking & Finance Awards 2024

Dewan Kehormatan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Barat Cecep Daryus menambahkan, Industri TPT Nasional masih berada dalam masa kritis sejak akhir 2022 lalu. Termasuk di Jawa Barat. 

“Akhir tahun lalu kan sudah banyak yang dirumahkan, kalau kondisi seperti ini terus akan nambah lagi,” tutur dia.

Cecep meminta pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat tidak lepas tangan atas kejadian ini. Dia mengakui, memang kondisi pasar ekspor menjadi salah satu alasan. Hanya saja menurut dia, pasar domestik Indonesia sangat besar dan harus dijaga.

Cecep mengingatkan peran industri TPT sebagai jaring pengaman sosial ekonomi bagi Indonesia. “Kalau pemerintah lepas tangan terhadap masalah impor-impor ini, ekonomi kita lambat laun akan rontok,” tegas dia.

Sudah Beralih ke Motor Listrik? Merek Apa yang Sudah Nangkring di Garasi Kamu?

Suka Pakai Aplikasi Paylater? Favorit Kamu yang Mana?

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَيَسْأَلُونَكَ عَن ذِي الْقَرْنَيْنِ ۖ قُلْ سَأَتْلُو عَلَيْكُم مِّنْهُ ذِكْرًا الكهف [83] Listen
And they ask you, [O Muhammad], about Dhul-Qarnayn. Say, "I will recite to you about him a report." Al-Kahf ( The Cave ) [83] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi