Selasa, 23/04/2024 - 15:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Tingkatkan Literasi Keuangan, BRI Bagikan Tabungan Anak Yatim di Manado

ADVERTISEMENTS

Logo Bank Rakyat Indonesia (BRI). PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) melalui Kantor Regional Manado membagikan tabungan kepada anak yatim di Provinsi Sulawesi Utara guna meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

MANADO — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) melalui Kantor Regional Manado membagikan tabungan kepada anak yatim di Provinsi Sulawesi Utara guna meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

CEO Regional Office Manado Luthfi Iskandar di Manado, Senin (17/4/2023), mengatakan, BRI membagikan santunan melalui buku tabungan BRI kepada 200 anak di sejumlah panti asuhan dengan nominal masing-masing anak Rp 300 ribu. “Jadi buku tabungan yang diberikan, total santunan mencapai Rp 60 juta,” kata Luthfi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

BRI berharap bantuan itu bisa mengedukasi anak-anak sejak dini, terkait manfaat menabung sebagai salah satu investasi untuk masa depan. Ia menjelaskan literasi dan edukasi keuangan bagi anak usia dini penting karena dapat membentuk perilaku dan kebiasaan keuangan anak ketika memasuki usia dewasa.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
OJK Kediri Gelar Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah ke Pelajar

Hal yang perlu ditanamkan sejak anak masih usia dini bahwa literasi keuangan adalah keterampilan hidup yang perlu dimiliki seseorang. Karena, kata Luthfi, dalam melakukan aktivitas hidup sehari-hari, baik dari mulai bangun tidur sampai kembali ke kamar tidur tidak terlepas dari transaksi keuangan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Utara Gorontalo Maluku Utara (Sulutgomalut) Winter Marbun mengatakan upaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan diharapkan dapat meningkatkan perlindungan masyarakat secara finansial. “Masyarakat yang sadar literasi keuangan atau cerdas secara finansial dapat memahami perencanaan keuangan, sehingga dapat mengambil keputusan keuangan untuk mencapai tujuan keuangan mereka,” kata Winter.

Berita Lainnya:
Jiwasraya Masih Buka Kesempatan Bagi Pemegang Polis Ikut Program Restrukturisasi

Sehingga, kata Winter, sejak anak usia dini harus ditanamkan budaya menabung, agar bisa memahami akan pentingnya berinvestasi.

Winter menjelaskan adapun inklusi keuangan merupakan bagian penting dari sosial ekonomi. Yaitu inklusivitas terhadap akses keuangan yang tinggi bagi seluruh lapisan masyarakat di suatu negara dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, stabilitas sistem keuangan, inisiatif pengentasan kemiskinan, serta sebagai upaya untuk mengurangi kesenjangan ekonomi masyarakat.

Intinya akses keuangan yang merata bagi masyarakat dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dalam merencanakan tujuan keuangan jangka panjang hingga mempersiapkan diri dalam menghadapi krisis finansial yang tidak terduga.

 

 

sumber : ANTARA

Sudah Beralih ke Motor Listrik? Merek Apa yang Sudah Nangkring di Garasi Kamu?

Suka Pakai Aplikasi Paylater? Favorit Kamu yang Mana?

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi