Kamis, 25/04/2024 - 18:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

G7 akan Perkeras Sanksi Terhadap Rusia

ADVERTISEMENTS

(Kiri-Kanan) Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly, Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi, Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly, Menteri Luar Negeri Prancis Catherine Colonna dan Menteri Luar Negeri Italia Antonio Tajani berpose untuk foto bersama dalam pertemuan Menteri Luar Negeri G7 di Karuizawa, Jepang, Senin (17/4/2023)

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 TOKYO – Negara anggota G7 bertekad memperkeras sanksi terhadap Rusia. G7 berkomitmen memberikan dukungan dan bantuan kepada Ukraina selama hal itu dibutuhkan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Tidak boleh ada impunitas untuk kejahatan perang dan kekejaman lainnya seperti serangan Rusia terhadap warga sipil serta infrastruktur sipil kritis. Kami tetap berkomitmen mengintensifkan sanksi terhadap Rusia, mengoordinasikan, dan menegakkan sepenuhnya,” kata para menteri luar negeri (menlu) negara anggota G7 dalam komunike yang dirilis pasca pertemuan tertutup mereka di Karuizawa, Jepang, Selasa (18/4/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Hamas: Kuburan Massal di Khan Younis Bukti Nyata Genosida

Dalam komunike tersebut, para menlu G7 pun menegaskan akan terus menyediakan bantuan bagi Ukraina untuk mempertahankan diri melawan Rusia. Mereka sempat menyinggung pula tentang keputusan Rusia yang hendak mengerahkan senjata nuklir taktis ke negara sekutunya, Belarusia.

ADVERTISEMENTS

“Retorika nuklir Rusia yang tidak bertanggung jawab dan ancamannya untuk menyebarkan senjata nuklir di Belarusia tidak dapat diterima,” kata menlu G7.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Para menlu G7 menyampaikan, pertemuan mereka di Jepang menandai momen penting dalam merespons serangan Rusia ke Ukraina serta ancaman Cina, terutama terkait manuvernya di Selat Taiwan. Mereka menilai dua krisis itu merupakan tantangan terhadap tatanan internasional berbasis aturan pasca Perang Dunia II.

Menlu negara anggota G7 mengatakan, perdamaian dan stabilitas Cina-Taiwan di Selat Taiwan adalah elemen yang sangat diperlukan dalam keamanan serta kemakmuran masyarakat internasional. Mereka menyerukan Cina dan Taiwan dapat menyelesaikan perselisihan secara damai.

Berita Lainnya:
Iran Bombardir Israel dengan Rudal, Presiden Israel: Iran Sama Sekali Tak Boleh Miliki Senjata Nuklir

Dalam komunike, para menlu G7 pun menyerukan Cina menahan diri serta tak melakukan paksaan dan intimidasi terhadap Taiwan. Menlu G7 juga menyoroti aktivitas pengujian rudal Korea Utara (Korut).

“Kami menuntut Korut menahan diri dari tindakan destabilisasi atau provokatif lainnya, termasuk uji coba nuklir lebih lanjut atau peluncuran yang menggunakan teknologi rudal balistik,” kata menlu G7 dalam komunikenya.

Mereka memperingatkan, Korut bakal memperoleh respons yang kuat jika terus melakukan uji coba rudal balistik. “Termasuk langkah-langkah signifikan lebih lanjut yang akan diambil oleh Dewan Keamanan PBB,” kata mereka.

sumber : AP

Sudah Beralih ke Motor Listrik? Merek Apa yang Sudah Nangkring di Garasi Kamu?

Suka Pakai Aplikasi Paylater? Favorit Kamu yang Mana?

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi