Jumat, 26/04/2024 - 06:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Hingga Kini Belum Berkoalisi, PDIP Berdalih tak Campur Urusan Mudik dengan Politik

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto mengaku beberapa waktu lalu ia telah bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Salah satu yang dibahas adalah sistem proporsional Pemilu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Apakah proporsioanl terbuka atau tertutup, kami membangun dialog terbuka dengan Partai Golkar. Komunikasi kami juga intens, kami juga bertemu dengan Pak Dasco,” ujar Hasto di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (18/4/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Ia tak mengungkap detail, apakah pertemuan ketiganya juga membahas ihwal wacana pembentukan koalisi besar. Namun ia menyampaikan, peluang kerja sama antarpartai politik sangatlah terbuka.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Kalau kerja sama kan sesuatu keniscayaan, karena kita bangsa dengan spirit gotong royong, tapi nanti ada suatu tahapan-tahapannya. Yang penting pemerintahan Jokowi ini mencapai legacy yang tertinggi,” ujar Hasto.

ADVERTISEMENTS

Untuk sekarang, PDIP mengaku fokus untuk membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri. Termasuk persiapan arus balik nanti.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Pj Gubernur Jatim: Fokus Penuhi Kebutuhan Korban Gempa

“Kami tak ingin campur adukan urusan mudik, Idul Fitri, dengan persoalan politik. Politiknya ialah politik kemanusiaan, politik untuk siapkan halal bihalal agar jadi momentum yang sangat penting dalam membangun persatuan,” ujar Hasto.

Hingga saat ini, hanya PDIP, partai di dalam parlemen yang belum tergabung dalam koalisi manapun. Padahal, selain Nasdem dan PDIP, seluruh partai politik pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo sudah tergabung dalam koalisi. Golkar, PAN, dan PPP tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Gerindra dan PKB bergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Bahkan, kedua koalisi itu kini tengah mewacanakan Koalisi Besar. Pembahasan Koalisi Besar ini dilakukan tanpa PDIP. Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto merupakan hal yang wajar. Di samping keduanya memang mendukung terbentuknya koalisi besar yang wacananya akan meleburkan KIB dengan KKIR.

Berita Lainnya:
Ragunan Siapkan Atraksi Spesial 14 April Rayakan Ulang Tahun Gorila Komo

“Tentunya koalisi besar ini unsur nya adalah KIB dan Koalisi (Kebangkitan) Indonesia Raya sehingga wajar Pak Prabowo selaku pemimpin dari KIR saya dari partai golkar dan juga mewakili KIB terus berkomunikasi,” ujar Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (12/4/2023).

Ia sendiri baru menerima kunjungan dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Salah satu yang dibahas adalah peluang pembentukan koalisi besar yang terdiri dari partai politik pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Tentu ke depan akan semakin banyak koalisi partai yang bisa menyamakan persepsi, menyamakan ideologi, menyamakan visi, dan misi ke depan. Utu akan lebih baik dalam memproses peraturan perundang-undangan yang sangat diperlukan,” ujar Airlangga.

Sudah Beralih ke Motor Listrik? Merek Apa yang Sudah Nangkring di Garasi Kamu?

Suka Pakai Aplikasi Paylater? Favorit Kamu yang Mana?

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi