Rabu, 17/04/2024 - 04:25 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

SpaceX Batalkan Peluncuran Pertama Roket Starship, Ini Pemicunya

ADVERTISEMENTS

Starship milik SpaceX batal meluncur akibat adanya masalah dengan sistem tekanan/ilustrasi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 TEXAS—SpaceX telah merencanakan untuk meluncurkan kendaraan Starship yang disusun penuh (fully stacked) untuk pertama kalinya pada Senin (17/4/2023). Dilansir dari India Times, fully stacked berarti semua bagiannya dirakit, dengan tingkat atas berada di atas booster.

ADVERTISEMENTS

Pesawat ruang angkasa raksasa itu akan lepas landas ke langit dari fasilitas Starbase di Pantai Teluk Texas Selatan. Namun itu tidak terjadi. Dengan hitungan mundur kurang dari sembilan menit, SpaceX mengumumkan masalah dengan sistem tekanan pada tahap pertama Starship.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Pengontrol misi kemudian memutuskan untuk mentransisikan uji terbang Senin (17/4/2023) ke wet dress rehearsal. Ini memungkinkan mereka bekerja melalui prosedur pra-penerbangan kendaraan dan mempelajari lebih lanjut tentang roket dan sistemnya.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

“Inti dari hitungan mundur adalah untuk memungkinkan tim memajukan waktu T-nol secara terkoordinasi dan benar-benar mengungkap masalah apa pun sebelum urutan pembakaran. Jadi hitungan mundur melakukan tugasnya hari ini,” kata Kate Tice dari SpaceX selama liputan peluncuran Senin (17/4/2023), dilansir dari Space, Selasa (18/4/2023).

Berita Lainnya:
Bagaimana Israel Menghalau Ratusan Rudal Iran?

SpaceX sekarang akan menunggu minimal 48 jam sebelum mencoba peluncuran lainnya. Waktu peluncuran baru belum diumumkan.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Sebelum pengumuman bahwa upaya Senin (17/4/2023) akan dibatalkan, pendiri dan CEO SpaceX Elon Musk menyatakan melalui Twitter selama hitungan mundur bahwa “katup tekanan tampaknya membeku, jadi kecuali jika segera mulai beroperasi, tidak ada peluncuran hari ini.”

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

SpaceX sedang memngembangkan Starship untuk membawa orang dan kargo ke bulan dan Mars, dan mengambil alih hampir semua portofolio penerbangan luar angkasa perusahaan di masa mendatang.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Sistem transportasi luar angkasa terdiri dari pendorong besar tingkat pertama yang disebut Super Heavy dan pesawat ruang angkasa tingkat atas yang dikenal sebagai Starship. Saat ditumpuk, kendaraan ini berdiri setinggi 394 kaki (120 meter)—lebih tinggi dari roket lain yang pernah dibuat.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024
Berita Lainnya:
Jakarta Cerah Berawan Pagi Ini, Bakal Hujan Nanti Siang?

Starship juga akan menjadi roket paling kuat dalam sejarah saat terbang. Sekitar 33 mesin Raptor tahap pertamanya akan menghasilkan daya dorong 16,5 juta pon atau 7,4 juta kg saat lepas landas, hampir dua kali lipat dari pemegang rekor saat ini, megaroket Sistem Peluncuran Luar Angkasa NASA.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Kedua tingkat Starship ditenagai oleh Raptor next-gen SpaceX -tahap atas menggunakan enam mesin dan keduanya dirancang untuk dapat digunakan kembali sepenuhnya dan cepat. Itulah terobosan utama yang menurut Elon Musk diperlukan untuk membuat pemukiman Mars layak secara ekonomi. Starship juga menunjukkan keunggulan lain dari desain yang berfokus pada Mars. Misalnya, mesin Raptor yang membakar oksigen cair dan metana cair, keduanya dapat diproduksi di Mars.

Sudah Beralih ke Motor Listrik? Merek Apa yang Sudah Nangkring di Garasi Kamu?

Suka Pakai Aplikasi Paylater? Favorit Kamu yang Mana?

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi