Sabtu, 20/04/2024 - 10:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Teliti Gerhana Matahari Hibrida, BRIN Bentuk Tim Khusus

ADVERTISEMENTS

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) membentuk tiga tim untuk meneliti fenomena gerhana matahari hibrida yang berpusat di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua./ilustrasi

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA—Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) membentuk tiga tim untuk meneliti fenomena gerhana matahari hibrida yang berpusat di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Gerhana matahari hibrida tergolong unik, karena sebagian wilayah yang dilalui jalur gerhana akan mengalami gerhana matahari total dan sebagian wilayah lainnya mengalami gerhana matahari cincin.

ADVERTISEMENTS

“Pada 20 April mendatang, kami akan melakukan pengamatan di Biak,” kata Peneliti Ahli Madya dari Pusat Riset Antariksa BRIN, Johan Muhammad dalam penyataan yang dikutip di Jakarta, Rabu.

Berita Lainnya:
Heboh! Gerhana Matahari Total 2024 Dikaitkan dengan Kisah Nabi Yunus AS

Tim pertama BRIN melakukan penelitian matahari, yaitu melakukan prediksi penampakan korona dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan dan menganalisis bentuk korona untuk mengetahui fase aktivitas matahari.

Selanjutnya, tim kedua melakukan penelitian ionosfer yang mana akan meneliti dampak gerhana matahari terhadap kondisi ionosfer di Indonesia.Kemudian, tim penelitian ketiga akan melakukan penelitian geomagnet berupa meneliti dampak gerhana terhadap aktivitas geomagnet.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Johan berharap penelitian-penelitian terkait gerhana matahari hibrida itu dapat memberikan informasi mengenai dampak gerhana yang dapat berpengaruh pada teknologi di Bumi yang berbasis teknologi antariksa, seperti navigasi dan telekomunikasi.

Berita Lainnya:
Pesawat Ruang Angkasa ESA Memotret Pemandangan Indah Gunung Berapi Mars 

Selain itu, penelitian-penelitian itu nantinya dapat menjadi momen untuk melakukan validasi model-model antariksa yang selama ini telah dibuat.”Pengujian itu sangat penting untuk mengetahui seberapa baik model yang ada, sehingga dampak negatif cuaca antariksa dapat diantisipasi secara akurat,” kata Johan.

sumber : Antara

Banyak keuntungan nabung di bank syariah loh. Intip-intip, Kamu nasabah di bank syariah mana yaa?

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi