Jumat, 26/04/2024 - 05:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Drone Tempur Cina Terbang Mengitari Taiwan

ADVERTISEMENTS

Seorang penjaga keamanan berdiri di dekat patung bendera Partai Komunis China di Museum Partai Komunis China pada 26 Mei 2022 di Beijing. Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan mengatakan drone tempur baru Cina yang media Cina sebut bisa membawa senjata berat terbang mengitari Taiwan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 TAIPEI — Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan mengatakan drone tempur baru Cina yang media Cina sebut bisa membawa senjata berat terbang mengitari Taiwan. Langkah terbaru Beijing meningkatkan ketegangan di kawasan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Cina yang menganggap Taiwan bagian dari wilayahnya meningkatkan tekanan militer ke pulau itu dalam tiga tahun terakhir. Beijing hendak memaksakan kedaulatannya di pulau yang dikelola dengan demokratis tersebut.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Pada bulan ini Cina menggelar latihan perang di sekitar Taiwan setelah Presiden Taiwan Tsai Ing-wen bertemu ketua House of Representative Amerika Serikat (AS) Kevin McCarthy.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Kemlu Nyatakan tak Ada WNI dalam Daftar Korban Penembakan di Philadelphia

Pada Jumat (28/4/2023) Kementerian Pertahanan Taiwan dalam laporan terbaru aktivitas militer Cina di sekitar pulau itu mengatakan dalam 24 jam terakhir 19 pesawat militer Cina masuk ke zona identifikasi pertahanan Taiwan. Salah satunya merupakan drone TB-001.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Berdasarkan peta yang dirilis Kementerian Pertahanan Taiwan, pesawat tanpa awak tersebut terbang melintasi Selat Bashi yang memisahkan Taiwan dengan Filipina. Kemudian drone itu naik ke timur Taiwan sebelum memutar balik ke arah pantai Cina.

Media Cina menggambarkan TB-001 sebagai “kalajengking berekor dua” dan foto-fotonya menunjukkan pesawat tanpa awak itu terbang dengan rudal di bawah sayapnya. Media Cina mengatakan drone tersebut dapat terbang tinggi di misi jarak jauh.

Berita Lainnya:
Biden Desak Kongres AS Setujui Penjualan Jet F-15 ke Israel

Angkatan Udara Cina menerbangkannya dalam misi yang disebut “mengitari pulau” bersama pesawat bomber berkemampuan nuklir H-6. Tidak ada yang ditembakan dan pesawat-pesawat Cina itu tidak terbang di ruang udara Taiwan.

Zona identifikasi pertahanan udara atau ADIZ merupakan wilayah yang Taiwan pantai dan awasi agar pasukannya dapat memiliki cukup waktu untuk merespon ancaman. Sejak tahun lalu militer Cina rutin terbang melewati garis tengah Selat Taiwan.

Garis tersebut biasanya menjadi pembatasan tidak resmi antara Taiwan dengan Cina Daratan meski Beijing tidak mengakui garis tersebut. Pemerintah Taiwan menolak klaim kedaulatan Cina dan mengatakan hanya rakyat Taiwan yang dapat memastikan masa depan mereka.

sumber : Reuters

Dari daftar di bawah ini, mana nih Hape favorit Kamu?

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi