Jumat, 19/04/2024 - 12:10 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Arus Mudik Tinggi, Ekonom: Tapi Belanja tak Setinggi Tahun Lalu

ADVERTISEMENTS

Pengunjung memilih pakaian di los penjualan batik, Pasar Beringharjo Bagian Barat Yogyakarta, Jumat (28/4/2023). Direktur Eksekutif Center of Reform on Economic (Core) Mohammad Faisal menilai, arus mudik pada momentum lebaran tahun ini cukup tinggi. Hanya saja dari sisi belanja masyarakat atau spending, tidak sebesar tahun lalu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Direktur Eksekutif Center of Reform on Economic (Core) Mohammad Faisal menilai, arus mudik pada momentum Lebaran tahun ini cukup tinggi. Hanya saja dari sisi belanja masyarakat atau spending, tidak sebesar tahun lalu.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Ini sudah terlihat sejak awal tahun. Saat itu penjualan ritel lemah,” ujar Faisal kepada Republika, Ahad (30/4/2023).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
BRI Catat Penjualan SR020 Capai 200 Persen dari Target

Ia menyebutkan, pertumbuhan ritel pada kuartal I 2023 hanya sekitar 1,6 persen. Padahal pada periode sama tahun lalu sektor ritel tumbuh mencapai 12,5 persen.

“Jadi, jauh (pertumbuhannya). Lalu kalau lihat di berita-berita juga, penjualan produk-produk pakaian jelang Lebaran agak sepi dan lesu,” tuturnya.

Maka, kata dia, walau tahun ini arus mudiknya banyak tapi belanja ke berbagai produk ritel tidak besar dibandingkan 2022. Faisal memprediksi, pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua 2023 lebih rendah dibandingkan periode sama tahun lalu.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Tekan Impor, Mentan Dorong Produksi Gula di Papua

“Tahun lalu (pertumbuhan ekonomi) kuartal kedua tinggi sekali sampai lima koma persen. Kalau pun di kuartal dua tahun ini sampai lima persen, tipis angkanya,” jelas Faisal.

Sementara, Core memprediksi pertumbuhan ekonomi kuartal I 2023 berkisar di 4,7 persen hingga 4,9 persen. Sebelumnya, pada kuartal I tahun lalu, ekonomi tumbuh sebesar 5,01 persen year on year (yoy).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan, jumlah pemudik 2023 relatif sama dengan prediksi pemerintah yang sebesar 123 juta.

Dari daftar di bawah ini, mana nih Hape favorit Kamu?

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi