Selasa, 23/04/2024 - 20:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

Hingga April 2023, Penyaluran Pertalite Tembus 9,26 Juta KL

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) mencatat realisasi penyaluran BBM Pertalite mencapai 9,26 juta kilo liter (kl) per April 2023. Realisasi penyaluran tersebut 28,4 persen dari total kuota yang ditetapkan tahun ini sebesar 32,56 juta kl.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Direktur Rekayasa dan Infrastruktur Darat, PT Pertamina Patra Niaga, Edward Adolf Kawi, realisasi penyaluran tersebut tumbuh positif dibandingkan tahun lalu. “Ini sangat relevan karena dibandingkan 2022, kondisi belum seperti di bulan-bulan pada 2023 ini,” kata Edward di Jakarta, Selasa (2/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Lebih lanjut, Edward menilai kondisi perekonomian tahun ini sudah jauh lebih baik. Namun sebagai konsekuensinya, akan terjadi peningkatan permintaan Pertalite. Meski begitu, Pertamina meyakini potensi peningkatan permintaan dapat diantisipasi sehingga penyaluran akan sesuai kebutuhan seperti yang telah dijatah untuk tahun ini.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kemen ESDM Soroti Pengaruh Selat Hormuz pada Stabilitas Harga Minyak

Seperti diketahui, bila penyaluran BBM Pertalite yang seharga Rp 10 ribu per liter itu melebihi kuota, anggaran pemerintah untuk memberikan kompensasi harga ke Pertamina bakal membengkak kembali seperti yang terjadi di tahun lalu.

ADVERTISEMENTS

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) mempersilakan setiap pemerintah daerah bila ingin melakukan pembatasan pembelian Pertalite. Melalui pembatasan tersebut diharapkan setiap daerah dapat mengatur kuota Pertalite masing-masing sehingga dapat mencukupi kebutuhan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Kepala BPH Migas, Erika Retnowati, menuturkan BPH Migas telah meminta daerah untuk dapat mengamankan kuota Pertalite yang sudah dijatah. Sejauh ini, ia mencatat pun telah terdapat sejumlah daerah yang telah melakukan pembatasan pembelian Pertalite.

Berita Lainnya:
Gempa di Dompu, Pertamina Pastikan Penyaluran Produk Tetap Aman

“Mengenai adanya pembatasan pembelian volume Pertalite, itu kami perbolehkan jadi kita persilakan bagaimana mereka mengatur supaya kuota itu cukup. Jadi boleh saja mereka mengatur seperti tadi. Itu diperbolehkan,” kata Erika.

Lebih lanjut, ia menuturkan, secara prinsip daerah boleh mengatur sepanjang aturan tersebut lebih ketat. Justru yang tidak boleh dilakukan daerah yakni membuat aturan yang lebih longgar dari apa yang sudah ditetapkan oleh BPH.

“Sampai sekarang kita belum keluarkan berapa maksimal pembelian, tapi kalau daerah merasa perlu menjaga kuota cukup sampai akhir tahun dipersilakan,” kata dia.

Dari daftar di bawah ini, mana nih Hape favorit Kamu?

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi