Selasa, 16/04/2024 - 16:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Nilai Tukar Petani April 2023 Turun 0,24 Persen Jadi 110,58 Poin

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan Nilai Tukar Petani atau NTP pada April 2023 mencapai 110,58 atau turun 0,24 persen dari Maret 2023. Penurunan tersebut terjadi karena indeks harga yang diterima petani turun 0,12 persen, sedangkan indeks harga yang dibayar petani naik sebesar 0,13 persen.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Setidaknya lima komoditas dominan mempengaruhi penurunan indeks yang diterima petani secara nasional antara lain turunnya harga kelapa sawit, cabai rawit, cabai merah, bawang merah dan gabah,” kata Kepala BPS Margo Yuwono, Selasa (2/5/2023). 

ADVERTISEMENTS

Lebih lanjut, Margo menjelaskan, Berdasarkan subsektor, peningkatan NTP tertinggi terjadi pada perikanan terutama pada nelayan. NTP Perikanan naik sebesar 0,79 persen dan tertinggi pada nilai tukar nelayan yang naiknya sebesar 0,89 persen. 

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Dirjen Hubud Pantau Pergerakan Angkutan Lebaran 2024 di Denpasar

Menurut Margo, naiknya nilai tukar nelayan disebabkan indeks yang diterima meningkat 0,98 persen. Kenaikannya lebih besar dari indeks yang harus dibayar oleh petani. Indeks yang dibayar hanya meningkat 0,09 persen. 

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

Lima komoditas dominan mempengaruhi indeks yang diterima petani oleh nelayan karena kenaikan harga tongkol, cakalang, rajungan, cumi dan kepiting laut. Penurunan NTP juga terjadi pada subsektor holtikultura yang mencapai 3,58 persen. 

Penurunan ini terjadi karena indeks harga yang diterima petani turun sebesar 3,41 persen, sedangkan indeks yang dibayar petani mengalami kenaikan sebesar 0,18 persen. Lima komoditas dominan yang mempengaruhi yaitu penurunan harga pada komoditas caba merah, cabai rawit, bawang merah, kubis dan salak. 

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Panen Raya Rembang, Pupuk Kaltim Tingkatkan Produktivitas Pupuk

Berdasarkan wilayah, pada April 2023, NTP Provinsi Riau mengalami penurunan terbesar mencapai 2,42 persen dibandingkan penurunan NTP provinsi lainnya. Sebaliknya, NTP Provinsi Sumatera Selatan mengalami kenaikan tertinggi terbesar hingga 1,50 persen dibandingkan kenaikan NTP provinsi lainnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

Dari daftar di bawah ini, mana nih Hape favorit Kamu?

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi