Rabu, 24/04/2024 - 13:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Ilmuwan Temukan Cara Cegah Mimpi Buruk Mengusik Berkepanjangan

ADVERTISEMENTS

Terjaga dari tidur akibat mimpi buruk (ilustrasi). Mimpi buruk, orang jadi sering terbangun di malam hari dan memiliki kualitas tidur yang lebih rendah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Mimpi menakutkan telah lama menjadi subjek penelitian. Para ilmuwan berusaha untuk memahami penyebab mimpi buruk tersebut dan cara menghentikannya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Penelitian yang dilakukan tahun lalu dapat memberikan harapan baru bagi penderita mimpi buruk. Tim peneliti berhasil mengidentifikasi dua teknik noninvasif untuk mengurangi teror malam hari tersebut.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Menurut peneliti yang berbasis di Jenewa, Swiss ini, ada hingga empat persen orang dewasa yang waktu tidurnya diusik oleh mimpi buruk kronis. Orang-orang ini sering terbangun di malam hari dan memiliki kualitas tidur yang lebih rendah.

ADVERTISEMENTS

Para ilmuwan telah mengaitkan perjuangan untuk mendapatkan batasan yang layak dengan sejumlah kondisi kesehatan seperti asma, kekebalan yang lebih rendah terhadap virus, penambahan berat badan, dan penyakit jantung. Dilansir The Sun, Ahad (7/5/2023), ada 36 pasien yang didiagnosis dengan gangguan mimpi buruk berpartisipasi dalam penelitian ini.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Penelitian Ungkap Orang Optimistis Punya Kualitas Tidur Lebih Baik

Peneliti meminta mereka untuk menulis ulang mimpi buruk yang paling sering mereka alami dengan cara yang positif. Seorang psikiater di Sleep Laboratory of the Geneva University dan University of Geneva di Swiss, Lampros Perogamvros menjelaskan bahwa ada hubungan antara jenis emosi yang dialami dalam mimpi dan kesejahteraan emosional manusia.

“Berdasarkan pengamatan ini, kami memiliki gagasan bahwa kami dapat membantu orang dengan memanipulasi emosi dalam mimpi mereka,” ujar Perogamvros yang juga merupakan penulis senior studi tersebut.

Berita Lainnya:
Penerapan Teknologi Biointensif di Sentra Padi Subang Berhasil Dongkrak Produktivitas Padi

Perogamvros mengatakan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology itu menunjukkan bahwa adalah mungkin untuk mengurangi jumlah mimpi negatif dan bermuatan emosional pada orang yang menderita mimpi buruk. Peneliti juga mencoba metode noninvasif lain untuk mengurangi mimpi.

Peserta diminta melakukan “latihan imajinasi”, di mana mereka menghubungkan versi positif dari mimpi buruk dengan suara tertentu. Peneliti kemudian meminta peserta untuk memakai ikat kepala di malam hari yang akan memainkan suara untuk mereka saat mereka berada di tahap rapid eye movement (REM) saat tidur. Kebanyakan mimpi buruk terjadi di tahap REM.

Peserta dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama hanya diminta menulis ulang mimpi mereka dengan putaran positif, sedangkan kelompok kedua melakukan ini dan juga mendengarkan suara pilihan mereka saat mereka tidur.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi