Rabu, 24/07/2024 - 21:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Kemlu: Tiga Negara Ajukan Diri untuk Jadi Mitra ASEAN

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

LABUAN BAJO — Direktur Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Sidharto Suryodipuro mengatakan bahwa ada tiga negara yang mengajukan diri untuk menjadi mitra Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan menandatangani traktat.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Dalam jumpa pers di Labuan Bajo, NTT, Senin (9/5/2023), Sidharto menyebutkan bahwa tiga negara yang siap menandatangani Traktat Persahabatan dan Kerja Sama Negara-Negara ASEAN (Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia/TAC) adalah Arab Saudi, Panama, dan Spanyol.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

“Indonesia sebagai Ketua ASEAN sedang mengkoordinasikan kesiapan tiga negara tersebut untuk menandatangani traktat pada tahun ini,” kata Sidharto.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Sidharto menambahkan bahwa ada beberapa negara yang mengutarakan niatnya untuk mengaksesi traktat tersebut. Namun, para pejabat tinggi ASEAN saat ini baru membahas kesiapan Arab Saudi, Panama, dan Spanyol untuk menandatangani traktat itu dan diharapkan dapat menyelesaikan aksesi pada tahun ini.

Berita Lainnya:
Liga Arab Kompak Boikot Perusahaan Pro-Israel
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

TAC merupakan sebuah traktat yang bertujuan untuk menciptakan stabilitas politik dan keamanan di kawasan Asia Tenggara yang mengatur mekanisme penyelesaian konflik secara damai. TAC ditandatangani pada 1976 oleh lima Kepala Negara pendiri ASEAN. TAC diamandemen pada 1987 untuk membuka aksesi negara-negara di luar kawasan.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

ASEAN saat ini telah menjalin beberapa kerja sama eksternal, baik dengan negara mitra wicara maupun organisasi regional dan internasional lain. Mitra wicara ASEAN adalah negara dan organisasi regional atau internasional yang menjadi mitra kerja sama ASEAN di berbagai bidang.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Saat ini, ASEAN memiliki 12 mitra wicara, yaitu Amerika Serikat, Australia, India, Jepang, Kanada, Korea Selatan, Rusia, Selandia Baru, China, Uni Eropa, Inggris dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). ASEAN juga memiliki hubungan dengan mitra-mitra wicara sektoral, yakni Pakistan, Norwegia, Swiss, dan Turki serta mitra wicara pembangunan dengan Jerman.

Berita Lainnya:
Warga Palestina Gugur Tergeletak di Jalanan di Tengah Pengeboman Intensif Israel
ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Selain melalui mekanisme kerja sama ASEAN+1 dengan masing-masing mitra wicara, ASEAN menjalin kerja sama melalui mekanisme seperti ASEAN Plus Three (APT) dengan Jepang, Korea Selatan dan China; East Asia Summit (EAS) dengan 18 negara peserta; dan ASEAN Regional Forum (ARF) dengan 27 negara peserta.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Para mitra wicara tersebut diharapkan dapat mendukung pembentukan Komunitas ASEAN terlebih fokus Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini salah satunya adalah terkait Visi ASEAN Pasca 2025 menuju ASEAN 2045. Indonesia membawa tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth” pada keketuaan kali ini.

Di bawah keketuaan Indonesia, berbagai pertemuan termasuk KTT ASEAN diharapkan menghasilkan sejumlah dokumen seperti Chair Statement, Visi ASEAN pasca 2025, penguatan kapasitas ASEAN, dan keanggotaan penuh Timor Leste.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَمَا نُرْسِلُ الْمُرْسَلِينَ إِلَّا مُبَشِّرِينَ وَمُنذِرِينَ ۚ وَيُجَادِلُ الَّذِينَ كَفَرُوا بِالْبَاطِلِ لِيُدْحِضُوا بِهِ الْحَقَّ ۖ وَاتَّخَذُوا آيَاتِي وَمَا أُنذِرُوا هُزُوًا الكهف [56] Listen
And We send not the messengers except as bringers of good tidings and warners. And those who disbelieve dispute by [using] falsehood to [attempt to] invalidate thereby the truth and have taken My verses, and that of which they are warned, in ridicule. Al-Kahf ( The Cave ) [56] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi