Sabtu, 20/04/2024 - 10:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Tentara Bayaran Wagner Isyaratkan Tetap Bertahan di Bakhmut

ADVERTISEMENTS

 KIEV — Kelompok tentara bayaran Rusia, Wagner, pada hari Ahad (7/5/2023) membatalkan rencana mereka untuk mundur dari Bakhmut di Ukraina timur. Rencana pasukan Wagner ini setelah mereka dijanjikan akan diberikan lebih banyak senjata oleh Moskow dan menyarankan mereka untuk tetap melanjutkan serangan terhadap apa yang dilihat Rusia sebagai batu loncatan ke kota-kota lain di wilayah Donbas.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Jenderal Ukraina yang bertanggung jawab atas pertahanan kota yang terkepung mengatakan pada Ahad malam menyebut, Rusia telah mengintensifkan penembakan, berharap untuk merebut Bakhmut pada Selasa (9/5/2023). Tetapi ia bersumpah untuk melakukan segalanya untuk mencegahnya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Hari Selasa 9 Mei 2023 ini adalah hari yang diperingati sebagai Kemenangan Rusia, yang menandai peringatan kekalahan Nazi Jerman dalam Perang Dunia Kedua. Di tempat lain, media Ukraina dan Rusia melaporkan adanya ledakan di seluruh Krimea yang diduduki Rusia, dan sebuah ledakan dilaporkan terjadi semalam di kota Odesa di Laut Hitam.

ADVERTISEMENTS

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa pertahanan udaranya telah mendeteksi dan menghancurkan 22 pesawat tak berawak Ukraina di atas Laut Hitam dalam semalam.

Kepala pasukan Wagner, Yevgeny Prigozhin, mengatakan pada hari Jumat bahwa pesawat tempurnya, yang telah memelopori serangan selama berbulan-bulan di Bakhmut, akan menarik diri setelah kehabisan amunisi dan mengalami kerugian yang ‘tidak berguna dan tidak dapat dibenarkan’.

Berita Lainnya:
Iran Hadapi Dilema dalam Merespons Serangan Israel di Suriah

Namun dalam sebuah pesan audio yang diposting di saluran Telegram-nya pada hari Ahad, ia memastikan tetap melakukan serangan. \”Kami telah dijanjikan amunisi dan senjata sebanyak yang kami butuhkan untuk melanjutkan operasi lebih lanjut. Kami telah dijanjikan bahwa semua yang diperlukan untuk mencegah musuh memotong kami (dari pasokan) akan dikerahkan.\”

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Prigozhin, dalam sebuah pernyataan audio pada hari Ahad malam, mengatakan bahwa unit-unitnya telah maju sejauh 280 meter (920 kaki). \”Kami terus bergerak maju. Kami berharap untuk menerima amunisi,\” tambahnya. Prigozhin sebelumnya telah membuat sejumlah klaim keberhasilan yang terlalu dini.

Seorang juru bicara kementerian pertahanan Rusia tidak menanggapi permintaan komentar setelah pernyataan terbaru Prigozhin. Para pejabat Rusia telah berulang kali berusaha meredakan kekhawatiran bahwa pasukan mereka di garis depan belum menerima pasokan yang memadai.

Menteri Pertahanan Sergei Shoigu mengatakan pada Selasa, mengacu pada tentara Rusia secara keseluruhan, bahwa mereka telah \”menerima jumlah amunisi yang cukup\” untuk secara efektif menimbulkan kerusakan pada pasukan musuh.

Di pihak Ukraina, Serhiy Cherevaty, juru bicara komando timur Ukraina, mengatakan sebagai tanggapan atas pertanyaan Reuters tentang komentar Prigozhin bahwa pasukan Rusia memiliki amunisi yang \”lebih dari cukup\”.

Ia mengatakan bahwa komentar Prigozhin ditujukan untuk mengalihkan perhatian dari kerugian besar yang telah diderita Wagner dengan mengerahkan begitu banyak pasukan ke dalam pertempuran.

Berita Lainnya:
Warga Iran Khawatir Israel Gelar Serangan Balasan 

“Empat ratus delapan puluh sembilan serangan artileri selama 24 jam terakhir di daerah sekitar Bakhmut – apakah itu kekurangan amunisi?\”

Pada Ahad, Kolonel Jenderal Oleksandr Syrskyi, komandan pasukan darat Ukraina di Bakhmut, mengatakan bahwa Rusia telah meningkatkan penembakan dan mengumpulkan kembali pasukannya. Reuters tidak dapat memverifikasi laporan tersebut secara independen.

“Rusia masih berharap dapat merebut kota itu pada 9 Mei. Tugas kami adalah untuk mencegah hal ini,” kata Syrskyi melalui Telegram setelah apa yang dia katakan adalah kunjungan ke pasukan di sepanjang garis depan Bakhmut.

Ancaman Prigozhin untuk menarik diri dari Bakhmut menyoroti tekanan yang dihadapi pasukan Rusia saat Ukraina melakukan persiapan terakhir untuk melakukan serangan balasan yang didukung oleh ribuan kendaraan lapis baja yang disumbangkan oleh negara-negara Barat dan pasukan yang baru saja dilatih.

Pertempuran memperebutkan Bakhmut merupakan pertempuran paling sengit dalam konflik ini. Pertempuran ini menelan ribuan korban jiwa di kedua belah pihak dalam perang yang berlangsung selama berbulan-bulan.

Pasukan Ukraina telah terdesak mundur dalam beberapa minggu terakhir, namun tetap bertahan di kota tersebut untuk memberikan kerugian sebanyak mungkin bagi Rusia. Upaya ini menjelang rencana serangan besar Kiev terhadap pasukan penyerbu di sepanjang 1.000 km (620 mil) di garis depan.

 

sumber : Reuters

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi