Jumat, 19/04/2024 - 12:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OTOMOTIF
OTOMOTIF

Anies Baswedan Boleh Kritik Mobil Listrik, Tapi Penjualannya di Global Terus Naik

ADVERTISEMENTS

Ohta, yang baru saja membeli kendaraan sport listrik BYD ATTO 3 baru, berpose dengan mobilnya dan kunci yang dibuat secara simbolis di dealer BYD pada 4 April 2023, di Yokohama dekat Tokyo. BYD Auto adalah bagian dari gelombang eksportir mobil listrik China yang mulai bersaing dengan merek Barat dan Jepang di pasar dalam negeri mereka.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA—Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengkritik kebijakan subsidi mobil listrik (EV). Anies mengungkapkan subsidi mobil listrik tidak serta merta menjadi solusi dalam mengurangi polusi udara. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS

Menurut Anies potensi kemacetan bertambah dengan adanya subsidi mobil listrik tersebut. Subsidi kendaraan listrik juga dinilai tidak tepat karena diberikan kepada orang yang tidak berhak atau orang mampu.

 

Sebenarnya berapa banyak penjualan mobil listrik di global? Data sebuah perusahaan riset MarkLines Co yang dilansir Kyodo, Sabtu (8/4/2023) menyebutkan penjualan mobil listrik (EV) global naik 66,6 persen pada 2022 di angka 7,26 juta unit dibandingkan tahun sebelumnya. Angka itu  mencerminkan pergeseran cepat dalam industri  kendaraan tanpa emisi.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Kawal Mudik Suzuki Hadirkan Bengkel Siaga di 66 Titik Sumatra-Jawa-Bali

 

MarkLines Co mengatakan penjualan mobil listrik menyumbang 9,5 persen dari total penjualan mobil global yang sebanyak 76,21 juta kendaraan tahun lalu. Penjualan kendaraan global meningkat dari 5,5 persen dibandingkan 2021. Namun penjualan global turun 7,4 persen menjadi 68,95 juta jika tidak termasuk kendaraan listrik.

 

Pasar mobil listrik global yang terbesar di dominasi oleh China dengan pasar 62 persen. China membukukan lonjakan penjualan EV sekitar 80 persen menjadi 4,53 juta kendaraan. 

Berita Lainnya:
Garap Pasar Asia Lebih Serius, Toyota dan Daihatsu Jadi Toyota Motor Asia 

 

Sementara Eropa Barat termasuk Jerman dan Inggris  penjualan EV melonjak sekitar 30 persen menjadi sekitar 1,53 juta kendaraan. Sekitar 800 ribu  EV terjual di Amerika Serikat tahun lalu dan di Jepang hanya terjual 50 ribu unit mobil listrik sepanjang tahun lalu.

 

Di antara pembuat EV, pabrikan terkemuka, Tesla Inc penjualannya meningkat menjadi sekitar 1,27 juta kendaraan pada 2022 dari sekitar 880 ribu pada tahun sebelumnya. Raksasa EV China BYD Co menjual sekitar 870 ribukendaraan tahun lalu, dibandingkan dengan 320 ribu tahun sebelumnya.

 

Aliansi Nissan Motor Co., mitra Perancis Renault SA dan Mitsubishi Motors Corp. menduduki peringkat ketujuh dengan penjualan sekitar 280.000 EV. Toyota, penjual mobil terbesar di dunia, menjual 24.000 EV pada tahun 2022.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi