Rabu, 24/04/2024 - 16:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OTOMOTIF
OTOMOTIF

Anies Baswedan Kritik Mobil Listrik, di Kanada Warganya Dapat Subsidi Rp 54 Juta

ADVERTISEMENTS

JAKARTA-Kebijakan subsidi mobil listrik menuai kritikan dari mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Menurut Anies, subsidi mobil listrik tidak serta merta menjadi solusi dalam mengurangi polusi udara. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Anies juga mengungkap potensi kemacetan bertambah dengan adanya subsidi mobil listrik tersebut. Subsidi kendaraan listrik juga dinilai tidak tepat karena diberikan kepada orang yang tidak berhak atau orang mampu.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS

Namun subsidi pembelian mobil listrik sesungguhnya terjadi di sejumlah negara. Salah satunya di Kanada. Kanada memberikan subsidi kepada warganya hingga 5.000 dolar Kanada atau setara Rp 54 juta per kendaraan dengan kurs 1 dolar Kanada sebesar Rp 10.999.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Pada tahun 2021, pemerintah Kanada memperkenalkan target wajib baru bahwa semua mobil Light Duty Truk dan truk penumpang baru yang dijual di Kanada harus bebas emisi pada tahun 2035, yang berarti berinvestasi pada kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

 

Sehubungan dengan larangan penjualan mobil bertenaga gas yang akan datang ini – dibuat dalam upaya untuk mengurangi tingkat polusi dan melawan perubahan iklim – pemerintah telah memperkenalkan sejumlah insentif yang dapat menghemat ribuan dolar untuk mobil tanpa emisi.

Berita Lainnya:
Hasto Mengaku Khilaf Soal Pencalonan Wali Kota Solo, Ini Respons Gibran

 

Dari program iZEV hingga alternatif program provinsi, inilah warga Kanada mendapatkan keuntungan dari insentif pemerintah dan mendapatkan subsidi untuk membeli mobil baru pada tahun 2023.

 

Program  iZEV pemerintah federal dirancang untuk mendorong warga Kanada beralih ke mobil yang lebih ramah lingkungan dengan menawarkan insentif hingga 5.000 dolar Kanada untuk pembelian atau sewa kendaraan tanpa emisi yang memenuhi syarat.

 

Untuk memenuhi syarat, kendaraan harus memenuhi kriteria program, yang mendefinisikan kendaraan tanpa emisi (ZEV) sebagai kendaraan yang dapat dikemudikan tanpa menghasilkan gas buang yang berpolusi. Ini termasuk kendaraan listrik baterai penuh, kendaraan listrik hibrida plug-in, dan kendaraan listrik sel bahan bakar hidrogen.

 

Program iZEV memiliki dua tingkat insentif berdasarkan jenis kendaraan tanpa emisi yang dibeli oleh warga Kanada.

 

Kendaraan listrik baterai, kendaraan sel bahan bakar hidrogen, dan kendaraan listrik hibrida plug-in jarak jauh memenuhi syarat untuk mendapatkan insentif maksimum 5.000 dolar Kanada. Sedangkan kendaraan listrik hibrida plug-in jarak pendek memenuhi syarat untuk 2.500 dolar Kanada.

 

Agar memenuhi syarat, harga mobil penumpang harus di bawah 55.000 dolar Kanda, dengan beberapa pengecualian berdasarkan kapasitas tempat duduk kendaraan dan alternatif dengan harga lebih tinggi.

Berita Lainnya:
Penggunaan SPKLU di Jakarta Meningkat Selama Libur Lebaran

 

Jika konsumen membeli kendaraan yang memenuhi syarat, penghematan akan diterapkan oleh diler di tempat penjualan, dengan pengurangan jumlah yang tercermin pada tagihan penjualan mobil baru konsumen.

 

Insentif lainnya

 

Program iZEV juga dapat digunakan bersama dengan insentif provinsi dan teritorial yang serupa.

 

Misalnya, wilayah British Columbia (BC) menawarkan program Go Electric yang menawarkan potongan harga kendaraan penumpang untuk mobil, SUV, truk, dan van yang memenuhi syarat.

 

Bergantung pada pendapatan, penduduk BC dapat memperoleh potongan harga mulai dari 500 dolar Kanada hingga 2.000 dolar Kanada untuk hibrida plug-in dengan jangkauan kurang dari 85 km. Potongan harga hingga 4.000 dolar AS untuk baterai listrik dan hibrida plug-in jarak jauh.

 

Demikian pula, warga Quebec dapat memenuhi syarat untuk potongan harga hingga 7.000 dolar Kanada dari provinsi untuk pembelian atau sewa kendaraan listrik baru.

 

Newfoundland dan Labrador menawarkan hal serupa, di mana pengemudi lokal bisa mendapatkan insentif hingga 2.500 dolar Kanada untuk kendaraan listrik yang memenuhi syarat.

 

 

 

 

sumber : Narcity.com

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi