Sabtu, 20/04/2024 - 13:41 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Wartawan AFP Tewas dalam Serangan Roket di Ukraina

ADVERTISEMENTS

Foto udara gedung apartemen yang dihantam roket Rusia di Kramatorsk, Ukraina (ilustrasi), Kantor berita internasional Prancis, Agence France-Presse (AFP), mengatakan koordinator videonya di Ukraina terbunuh pada Selasa (9/5/2023), dalam sebuah serangan roket di dekat kota Bakhmut, Ukraina timur.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 PARIS — Kantor berita internasional Prancis, Agence France-Presse (AFP), mengatakan koordinator videonya di Ukraina terbunuh pada Selasa (9/5/2023), dalam sebuah serangan roket di dekat Kota Bakhmut, Ukraina timur.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Arman Soldin, 32 tahun, sedang bersama tim jurnalis AFP yang sedang melakukan perjalanan dengan tentara Ukraina ketika kelompok tersebut ditembaki dengan roket Grad, dalam penjelasan kantor berita AFP. Anggota tim AFP lainnya tidak mengalami luka-luka.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Draf Resolusi DK PBB Soal Gaza Rancangan AS Diveto Rusia, China

“Serangan pada sore hari itu terjadi di sekitar Chasiv Yar, sebuah kota di dekat Bakhmut,” kata kantor berita itu. Pasukan Rusia telah berusaha merebut kota itu selama sembilan bulan, menjadikan Bakhmut sebagai fokus pertempuran terpanjang dalam perang tersebut.

“Kematiannya adalah pengingat yang mengerikan akan risiko dan bahaya yang dihadapi para jurnalis setiap hari dalam meliput konflik di Ukraina,” kata ketua AFP Fabrice Fries.

Soldin lahir di Sarajevo, yang kini menjadi ibu kota Bosnia, dan merupakan warga negara Prancis, menurut AFP. Dia tiba di Ukraina untuk meliput perang sehari setelah invasi Rusia pada 24 Februari 2022, dan telah melakukan perjalanan secara teratur ke garis depan dalam beberapa bulan terakhir.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Berniat Ziarah, Truk di Pakistan Terjun ke Jurang

AFP mengatakan bahwa mereka sangat terpukul atas kematian Soldin. “Semua pikiran kami tertuju pada keluarga dan orang-orang yang dicintainya,” ujar Fries.

Pada Mei 2022, jurnalis Prancis Frederic Leclerc-Imhoff, yang bekerja di Ukraina untuk BFM-TV, juga telah terbunuh di dekat Severodonetsk di bagian timur.

Setidaknya 10 pekerja media telah terbunuh saat meliput perang di Ukraina, menurut Reporters Without Borders (RSF) dan Komite untuk Melindungi Jurnalis. Direktur RSF Christophe Deloire memuji keberanian para wartawan yang meliput perang tersebut dan menyebut kematian Soldin sebagai tragedi bagi mereka yang membela independensi dan keandalan informasi. 

sumber : AP

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi