Jumat, 26/04/2024 - 00:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

BMKG Deteksi 14 Titik Panas di Kaltim

ADVERTISEMENTS

BALIKPAPAN — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi 14 titik panas tersebar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Pihak terkait diharapkan melakukan penanganan dan saling menjaga agar tidak muncul titik panas baru.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Sebaran 14 titik panas yang terdeteksi ini sudah kami informasikan ke pihak terkait guna mendapatkan tindakan lebih lanjut,” ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Kamis (11/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Sebanyak 14 titik panas itu terpantau hari ini mulai pukul 01.00 hingga pukul 16.00 WITA dan langsung diinformasikan ke instansi terkait. Termasuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Empat hari sebelumnya (Ahad, 7/5/2023) BMKG juga mendeteksi enam titik panas yang tersebar di tiga kabupaten yakni Kabupaten Kutai Timur (dua titik), Kutai Kartanegara (tiga titik), dan Kabupaten Berau (satu titik).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
BMKG Prakirakan Cuaca Jabodetabek Siang Ini Hujan Ringan, Suhu Bervariasi

Sebanyak enam titik panas tersebut sudah padam setelah dilakukan penanganan dan adanya hujan, sedangkan 14 titik panas yang terpantau hari ini berada di titik koordinat berbeda, meskipun ada juga yang masih dalam satu kabupaten maupun kecamatan yang sama.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Ke-14 titik panas itu tersebar di tiga kabupaten yakni Kabupaten Kutai Timur (7 titik), Kutai Kartanegara (5 titik), dan di Kabupaten Berau (2 titik).

Rinciannya adalah 5 titik panas di Kutai Kartanegara tersebar pada dua kecamatan yakni Kecamatan Loa Kulu(4)dan di Kembang Janggut (1). Kemudian 7 titik panas di Kutai Timur tersebar di tiga kecamatan yakni Kecamatan Bengalon, Kaubun, dan Rantau Pulung masing-masing ada 2 titik, kemudian Kecamatan Sangkulirang 1 titik.

Berita Lainnya:
Sebanyak 13 RT Masih Tergenang Akibat Hujan Kemarin

Di Kabupaten Berau yang terdeteksi 2 titik panas, lanjut ia, keduanya berada di Kecamatan Sambaliung.

Ia mengimbau semua pihak sama-sama menjaga agar tidak terjadi kebakaran, seperti tidak membuang puntung rokok sembarangan, tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan, dan kegiatan lain yang dapat memicu kebakaran karena di sejumlah kawasan masih berpotensi panas.

Dikatakannya, bulan ini masih masuk musim hujan namun terdapat peluang dalam beberapa hari tidak terjadi hujan berturut-turut di sejumlah kawasan di Kaltim, sehingga hal ini berakibat pada biomassa yang kering dan rawan terjadi kebakaran lahan dan hutan (karhutla), maka semua pihak harus saling menjaga dan waspada.

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi